BNPB: Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu Ditutup Sementara

  • Jumat, 26 Juli 2019 - 18:46:45 WIB | Di Baca : 1133 Kali

SeRiau - Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, ditutup sementara pascaerupsi gunung tersebut pada Jumat (26/7/2019), sore tadi sekira pukul 15.48 WIB.

Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan HumasBNPB Agus Wibowo meminta masyarakat untuk tidak mendekati kawah Ratu dan kawah Upas yang berada di Gunung Tangkuban Paragu.

"Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu," kata Agus dalam keterangan tertulis.

Agus menuturkan, masyarakat juga diimbau menjauhi kawah-kawah Gunung Tangkuban Parahu ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

Lebih lanjut, Agus meminta masyarakat mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului gejala-gejala vulkanik yang jelas.

Kendati demikian, masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak benar.

Masyarakat dapat memonitor peringatan maupun informasi dari pemerintah daerah atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar