RI Juara Umum ASEAN School Games, Kemenpora Puji Partisipasi Warga

  • Rabu, 24 Juli 2019 - 21:43:12 WIB | Di Baca : 1104 Kali

SeRiau - Indonesia menjadi juara umum pada pesta olahraga pelajar ASEAN School Games (ASG) ke-11. Perhelatan olahraga khusus pelajar se-ASEAN ini dilaksanakan 17-24 Juli 2019 di Jawa Tengah.

Menurut keterangan Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, Indonesia menjadi juara umum dengan meraih 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu. Disusul Thailand dengan meraih 33 emas, 31 perak, dan 35 perunggu. Selanjutnya, berturut-turut Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Myanmar, Laos, Brunei dan Kamboja.

Niam yang menutup perhelatan ini di pelataran Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, menyampaikan, olahraga pelajar ini akan memperkokoh kerja sama ASEAN dengan membangun hubungan persaudaraan secara lebih dini dan berkelanjutan. 

"Event ini sangat strategis dan efektif dalam membudayakan semangat sportivitas, mental juara, dan yang terpenting persaudaraan di antara peserta dari seluruh negara ASEAN. Event olahraga ini sarana people to people contact yang akan melahirkan kebersamaan di kalangan pemuda," tegasnya.

Lebih lanjut Niam menjelaskan, tema ASG 2019 "Unity, Spirit, and Respect" benar-benar nampak dalam momen pertandingan.

"Apresiasi dan dukungan penonton tidak hanya didasarkan pada hubungan emosional negara, tetapi pada prestasi. Aplaus diberikan penonton pada atlet yang berprestasi meski beda negara", tegasnya.

Selain Asrorun Niam dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, acara penutupan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Chairman Technical Committe ASSC Ong Kim Soon, Senior Ministry Officer Filipina, Mr. Salvador Malana, Walikota Semarang, Bupati Magelang, Staf Ahli dan Staf Khusus Menpora dan seluruh CDM serta peserta. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar