Gerhana Bulan 17 Juli Masuk Puncaknya

  • Rabu, 17 Juli 2019 - 05:43:16 WIB | Di Baca : 1412 Kali

SeRiau - Jelang memasuki waktu subuh di Indonesia bagian barat, gerhana bulanmemasuki fase puncak. Sebagian besar bulan tertutup bayangan gelap.

Dari Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019) pukul 04.30 WIB, terlihat sebagian besar bulan tertutup bayangan. Sebagian lagi berwarna kemerahan.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga dapat melihat gerhana bulan dengan mata telanjang jika cuaca cerah. Beberapa pengunjung juga ada yang ingin melihat gerhana melalui teleskop di Planetarium, Cikini, Jakarta Pusat.

Gerhana bulan parsial akan memasuki fase akhir pada pukul 05.59 WIB. Ini merupakan gerhana bulan terakhir di tahun 2019.

Momen gerhana bulan juga dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk menunaikan salat khusuf. Seperti yang terlihat di Masjid Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara.

Merujuk laman resmi BMKG, gerhana bulan sebagian dimulai pada pukul 03.01 WIB, puncaknya pukul 4.30 WIB, dan berakhir pada 05.59 WIB. Gerhana bulan sebagian merupakan peristiwa terhalangnya penampakan bulan oleh bayangan Bumi sehingga cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan. Peristiwa ini bisa terjadi hanya jika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar