Unjuk Rasa Berujung Ricuh, Ratusan Orang Rusak Gedung Parlemen Hong Kong

  • Selasa, 02 Juli 2019 - 00:08:07 WIB | Di Baca : 1079 Kali

SeRiau - Gelombang unjuk rasa terbaru di Hong Kong kembali terjadi awal pekan ini (Senin, 1/7). Aksi hari ini berujung ricuh. 

Ratusan pengunjuk rasa menyerbu gedung parlemen Hong Kong dan membuat kerusuhan di dalamnya. Mereka menghancurkan dinding-dinding dan masuk ke sejumlah ruangan di dalam gedung tersebut. 

Ironisnya, aksi tersebut dilakukan tepat pada hari peringatan kembalinya Hong Kong tahun 1997 ke China. 

Aksi tersebut dipicu kegeraman pengunjuk rasa atas RUU ekstradisi yang memungkinkan tersangka di Hong Kong diekstradisi ke China untuk diadili.

Polisi memperingatkan para pengunjuk rasa untuk segera keluar dari gedung. Mereka bahkan mengancam akan mengerahkan kekuatan yang sesuai jika para pengunjuk rasa tetap berada di dalam.

Namun para pengunjuk rasa justru menanggapinya dengan memperkuat barikade di luar gedung. Meski demikian, masih belum pasti apakah mereka yang berada di dalam akan meninggalkan gedung atau bertahan di dalamya.

Di dalam gedung, para pengunjuk rasa berbuat onar di gedung dengan merobek potret kepala eksekutif dari dinding dan menyemprotkan grafiti yang menyerukan pembebasan para demonstran yang ditangkap. 

Selain itu, dimuat Channel News Asia, bendera era kolonial tua yang terbungkus di kursi pembicara dan sebuah plakat yang menunjukkan bunga putih, simbol Hong Kong, dihitamkan dengan cat semprot. Sebelumnya mereka juga merusak sejumlah pintu dan jendela di gedung tersebut. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar