Dubes Palestina Berterima Kasih Atas Aksi Solidaritas di AFF

  • Sabtu, 29 Juni 2019 - 22:56:03 WIB | Di Baca : 59 Kali

SeRiau - Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun berterima kasih atas penghargaan dan dukungan penuh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terhadap kemerdekaan rakyat Palestina. Dukungan untuk Palestina disampaikan melalui gelaran Asia Africa Festival (AAF) 2019 yang digelar di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (29/6).

"Saya sangat mengapresiasi bagaimana orang-orang Bandung berbicara tentang Palestina dan solidaritas kepada rakyat Palestina melalui kegiatan ini," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika.

Pada perhelatan AAF tahun ini, Pemkot Bandung memang memberikan perhatian khusus kepada Palestina. Hal itu sebagai wujud dukungan atas komitmen besar dari pendiri bangsa sekaligus penggagas Konferensi Asia Afrika, Ir. Soekarno, yang terus mendorong kemerdekaan Palestina.

Loading...

Tahun 2018 lalu, Kota Bandung menempatkan penanda khusus, yakni Palestine Walk, yang diresmikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi bersama Menlu Palestina Riad Malki, dan Wali Kota Bandung Oded M Danial. Palestine Walk terletak di sisi Alun-alun Timur Kota Bandung, berbatasan langsung dengan Jalan Asia Afrika dan tak jauh dari Gedung Merdeka.

Pada gelaran AAF ini, delegasi dari 19 negara berjalan bersama di Palestine Walk sebagai bentuk 'solidarity walk' untuk meneguhkan dukungan bangsa Asia dan Afrika dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Mereka juga melakukan 'historical walk' di Jalan Asia Afrika guna memperingati perjalanan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

"Sangat luar biasa. Kegiatan ini sangat menunjukkan bahwa Bandung memang kota yang sangat bersejarah. Bandung juga telah memberi kekuatan yang besar kepada rakyat Palestina. Tahun lalu, dua menteri luar negeri meresmikan Palestine Walk, yaitu Menteri Luar Negeri Indonesia dan Palestina," bebernya.

Secara umum, ia juga berterima kasih kepada bangsa Indonesia yang terus mendukung Palestina. Ia merasakan betapa seluruh daerah memberikan dukungan yang positif

"Indonesia sangat luar biasa. Di manapun, di Jakarta, Bandung, Malang, saya selalu melihat solidaritas, orang-orang yang baik dari Indonesia yang mendukung Palestina," imbuhnya.

Dukungan tersebut mempererat hubungan Indonesia dan Palestina. Tak hanya dari pemerintahnya, tetapi juga dari masyarakat. Itulah yang membuatnya yakin, suatu saat Palestina akan merdeka.

"Saya percaya suatu saat Palestina akan merdeka, dan kita semua bisa beribadah di Al-Aqsa, bisa datang ke Yerusalem, ibu kota Palestina," tegasnya. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar