Hutan di Kawasan Gunung Rinjani Terbakar

  • Senin, 24 Juni 2019 - 19:31:26 WIB | Di Baca : 1539 Kali

SeRiau - Api melahap kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur, tepatnya di kawasan Bukit Kondo, Sembalun. Api mulai membara pada Minggu (23/6) sore. 

Hutan seluas 141,6 hektar itu dengan dominasi vegetasi berupa rumput, alang-alang, edelweis, dan pohon cemara. Sampai saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki.

Kapala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Sudiyono, menerangkan kebakaran diperkirakan mulai terjadi pada pukul 17.00 WITA, Minggu kemarin. Setelah menerima informasi terkait hal itu, petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani langsung mendatangi lokasi titik api.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan otoritas pemerintahan, Kapolsek Sembalun, Danramil Sembalun, Camat Sembalun, BPBD Kabupaten Lombok Timur, dan BNPB untuk mengumpulkan anggota tim pemadaman dan evakuasi,” ujar Sudiyono, Senin (24/6).

Sudiyono menerangkan, lebih dari 18 orang yang tinggal di kawasan yang terbakar dievakuasi oleh tim pengaman.

Sudiyono menyebutkan kondisi lereng yang terlalu terjal dan kebakaran yang terjadi malam hari membuat tim hanya bisa melakukan pemantauan situasi hingga Senin malam. 

Sampai berita ini diterbitkan, kebakaran masih terjadi. Ada dua titik api yang terpantau menuju Bukit Kondo dan ke arah Gunung Pusuk Sembalun. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar