Diwarnai Tabrakan Beruntun, Marquez Juarai GP Katalunya

  • Ahad, 16 Juni 2019 - 20:53:42 WIB | Di Baca : 997 Kali

SeRiau - Pembalap tuan rumah Marc Marquez dari tim Repsol Honda menjuarai GP Katalunya, Ahad (16/6), usai balapan yang penuh drama. Marquez menyelesaikan balapan sepanjang 24 putaran di Sirkuit Barcelona-Katalunya, Spanyol, itu tanpa kesalahan untuk finis terdepan.

Marquez unggul 2,660 detik di depan Fabio Quartararo yang meraih podium pertamanya untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT. Danilo Petrucci dari Mission Winnow Ducati meraih podium keduanya musim ini setelah finis di P3. Ini merupakan kemenangan kedua Marquez di Katalunya setelah pertama meraih gelar juara pada 2014 lalu.

Balapan berjalan penuh kejutan sejak awal lomba. Andrea Dovizioso dari Mission Winnow Ducati, yang start dari P5 melakukan start yang bagus dan langsung memimpin jalannya lomba sejak tikungan 1. Pun demikian Jorge Lorenzo dari Repsol Honda dari P10 ke P4 di belakang Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha dan Marc Marquez.

Ketika Marquez mendapat celah untuk menyalip Dovizioso, drama terjadi di lap kedua ketika Lorenzo kehilangan grip ban depan dan menyebabkan tabrakan beruntun di tikungan 10. Tabrakan ini melibatkan Dovizioso, Vinales, dan Valentino Rossi. Keempat pebalap itu gagal melanjutkan balapan.

Marquez langsung melesat meninggalkan pesaing terdekatnya, Danilo Petrucci dengan margin 2 detik di depan. Menempel ketat Petrucci, Alex Rins dari Suzuki Ecstar dan Fabio Quartararo bersaing memperebutkan posisi kedua.

Setelah beberapa kali bertukar posisi dan melibatkan senggolan dengan sang pembalap Italia di tikungan 4, Rins mendapat celah untuk melesat ke posisi kedua di lap ke-13. Tugas berat bagi Rins dengan 11 lap tersisa ketika Marquez terlalu jauh di depan dengan jarak lima detik.

Petrucci kembali menyalip Rins di lap kedelapan memanfaatkan kekuatan motor Ducati di lintasan lurus Sirkuit Barcelona-Katalunya.

Peluang podium Rins sirna ketika sang pembalap asal Spanyol itu melebar dan kehilangan kendali motornya di Ttikungan 1 ketika berusaha menyalip Petrucci hingga merosot ke peringkat 7 di belakang rekan satu tim, Joan Mir. Jusru, Quartararo yang mendapatkan keuntungan dan menempati posisi kedua setelah itu, walaupun Petrucci masih menebar ancaman.

Akhir pekan yang buruk juga berlaku bagi Cal Crutchlow dari LCR Honda Castrol yang melebar saat berusaha menyalip Jack Miller dari Pramac Ducati dan terjatuh di tikungan 4 ketika balapan menyisakan enam putaran.

Menebus kesalahannya, Rins finis keempat untuk mengamankan 13 poin bagi Suzuki. Jack Miller finis kelima di depan Joan Mir.

Sementara, pembalap tuan rumah lainnya, Pol Espargaro mengamankan finis ketujuh untuk KTM. Takaaki Nakagami (LCR Honda) mengemas delapan poin di P8 di depan Tito Rabat (Reale Avintia Racing) dan Johann Zarco yang melengkapi finis 10 besar untuk KTM.

Dengan hasil itu, Marquez memperlebar jarak di puncak klasemen dengan koleksi 140 poin hingga balapan seri ketujuh musim ini. Dovizioso masih bercokol di peringkat dua klasemen dengan 103 poin, ditempel ketat oleh Rins dengan selisih dua poin.

Petrucci, juara seri sebelumnya di Mugello, menambah koleksi poinnya di peringkat empat dengan total 98 poin. Ia mengungguli Rossi yang berada di peringkat lima dengan 72 poin. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar