Sri Mulyani, G20 dan Ekonomi Dunia Kian Tertekan

  • Selasa, 11 Juni 2019 - 06:09:46 WIB | Di Baca : 1142 Kali

SeRiau - Ekonomi dunia tengah tertekan. Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat berada di Fukuoka, Jepang.

Sri Mulyani di Jepang untuk duduk bersama dengan stakeholder tingkat dunia guna membahas kondisi ekonomi dunia yang tengah tertekan dalam forum G20 pada 8-9 Juni 2019. Hal yang ditekankan Sri Mulyani dalam ajang bergensi tersebut adalah Risiko Global Meningkat - Kerjasama Makin Penting.

Berikut postingan selengkapnya yang ditulis Sri Mulyani, seperti dikutip Okezone dalam akun Facebook pribadinya.

Pada saat Indonesia tengah merayakan Hari Raya Iedul Fitri, ekonomi dunia mengalami tekanan makin besar dari eskalasi perang dagang dan persaingan geo-politik antar Amerika Serikat dengan RRT. Hal ini menyebabkan peningkatan ketidakpastian global, melemahkan Invetasi dan pertumbuhan ekonomi dunia.

Proyeksi ekonomi dunia untuk 2019 telah dipangkas 0,3% menjadi hanya 2,6% (Worldbank) atau 3,3% (IMF). Perang tarif akan melemahkan pertumbuhan hingga 0,5% tahun 2020, dan menyebabkan volume perdagangan dunia merosot sebesar 455 milyar dollar Amerika - dengan pertumbuhan hanya mencapai 2,6% (terlemah sejak krisis Keuangan global 2008). (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar