Iven PIDBF 2019, Pencak Silat akan Tampilkan Seni Beladiri Masing-masing Perguruan

  • Senin, 27 Mei 2019 - 21:51:13 WIB | Di Baca : 1066 Kali
Sungai Siak Pekanbaru yang direncanakan sebagai tempat pelaksanaan iven PIDBF tahun 2019

SeRiau - Sebagai salah satu cabang olahraga (Cabor) yang tergabung dalam agenda KONI Pekanbaru, yaitu Pekanbaru Internasional Dragon Boat Festival (PIDBF) untuk memeriahkan hari jadi Kota Pekanbaru ke-235 tahun, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pekanbaru akan tempilkan penampilan dari berbagai perguruan silat se-Pekanbaru.

Cabor silat yang merupakan salah satu cabor tradisionalnya orang melayu serta unggulannya Riau di tingkat nasional, diharapkan bisa memeriahkan hari jadi Kota Pekanbar, sekaligus turut memeriahkan festival dragon boat yang akan dilaksanakan di Sungai Siak, Pekanbaru.

Dikatakan oleh Sekretaris Umum IPSI Pekanbaru, Martias, bahwa untuk Cabor pencak silat akan menampilkan kesenian beladiri dari masing-masing perguruan se-Kota Pekanbaru.

"Kita akan menampilkan masing-masing kesenian beladiri dari masing-masing perguruan silat. Penampilan itu akan kota iringi dengan musik-musik tradisional," katanya, Senin (27/5/2019).

"Nanti, dalam penampilan itu ada nomor-nomor yang akan di pertandingkan nantinya. Ada nomor perorangan, nomor pasangan dan ada beregu," lanjutnya.

"Khusus iven ini, kita tidak mempertandingkan kelas tanding. Jadi, hanya mempertandingkan penampilan kesenian beladiri dari masing-masing perguruan," jelasnya.

Di iven ini juga kata Martias, tidak mengundang perguruan-perguruan dari luar Pekanbaru. Hal itu dikarenakan anggaran yang tidak cukup. "Sebab jika kita undang kontingen dari luar akan memakan biaya yang cukup banyak, seperti akomodasi, tentu mereka yanh dari luar Pekanbaru menginap," ungkapnya.

Untuk lokasi pertandingan kata Martias, akan dilaksanakan di Halaman Rumah Singgah Tuan Kadi, yang juga berada di pinggir Sungai Siak, tempat festival dragon boat dilaksanakan.

"Sedangkan untuk waktunya, kemungkinan akan dilaksanakan pada saat pembukaan PIDBF, sekitar tanggal 2," katanya.

Sementara itu, Zulfahmi Adrian selaku Ketua IPSI Pekanbaru, juga sangat mendukung pelaksanaan tersebut. Karena, bagaimanapun juga, itu adalah peringatan hari jadi Kota Pekanbaru," tuturnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar