Kalahkan Jepang, China Juara Piala Sudirman 2019

  • Ahad, 26 Mei 2019 - 16:37:39 WIB | Di Baca : 1033 Kali

SeRiau - China berhasil meraih gelar Piala Sudirman 2019 usai menang 3-0 atas Jepang di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, Sabtu (25/5). Ini adalah gelar ke-11 bagi tim Negeri Tirai Bambu.

China memimpin 1-0 setelah ganda putra Li Junhui/Liu Yuchenn mengalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan dua gim langsung 21-18 dan 21-10.

Setelah kemenangan mudah yang diraih ganda putra, China harus bersusah payah merebut poin kedua dari sektor tunggal putri. Chen Yufei butuh tiga gim untuk mengalahkan Akane Yamaguchi.

Pertarungan ketat gim pertama dimenangi Akane dengan 21-17. Namun, Yufei bangkit untuk memenangi dua gim berikutnya melalui pertarungan ketat dengan skor 21-16 dan 21-17.

Unggul 2-0 membuat China bisa mengunci gelar juara jika memenangi pertarungan di sektor tunggal putra yang mempertemukan Shi Yuqi dengan Kento Momota. 

Peluang untuk Jepang memaksakan final berlanjut ke pertandingan keempat sempat mengemuka saat Kento mengalahkan Shi Yuqi di gim pertama dengan 21-15.

Hanya saja, Shi Yuqi tidak menyerah begitu saja. Pebulutangkis nomor dua dunia itu tampil superior di gim kedua untuk menang 21-5.

Di gim penentuan, pebulutangkis 23 tahun semakin sulit dibendung Kento. Shi Yuqi menutup gim ketiga dengan 21-11.

Hasil tersebut membuat China berhasil memastikan gelar juara tanpa perlu memainkan dua pertandingan tersisa. Gelar yang diraih di kandang sendiri ini jadi yang ke-11 bagi China sejak Piala Sudirman pertama kali berlangsung tahun 1989.

Korea Selatan berada di bawah China dengan mengoleksi empat gelar. Sementara Indonesia yang langkahnya terhenti di semifinal Piala Sudirman kali ini baru meraih satu gelar juara. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar