JK Temui Presiden IOC, Bahas Olimpiade 2032 di Indonesia

  • Jumat, 17 Mei 2019 - 12:34:03 WIB | Di Baca : 1130 Kali

SeRiau - Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di sela kunjungan kerja di Jenewa, Swiss, pada Kamis (16/5) waktu setempat. Dalam pertemuan itu JK menyampaikan keseriusan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. 

"Saya percaya diri Indonesia akan menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," ujar JK melalui keterangan tertulis, Jumat (17/5).

JK mengatakan akan melakukan dialog dengan IOC untuk membahas lebih lanjut langkah-langkah yang harus dilakukan Indonesia menjadi tuan rumah. Indonesia, dikatakan JK, selama ini telah berperan aktif dalam berbagai forum olahraga internasional. Hal tersebut dianggap JK seharusnya menjadi pertimbangan IOC untuk memilih Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. 

"Indonesia juga percaya acara olahraga seperti Olimpiade ini bisa berfungsi sebagai sarana yang efektif mencapai target demi tujuan pembangunan yang berkelanjutan," ujar JK.

Sementara itu Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir yang ikut mendampingi JK mengatakan pemerintah sudah mulai menyiapkan proposal yang menjelaskan fasilitas olahraga untuk Olimpiade 2032. 

"Mulai sekarang kami sudah harus menyiapkan proposal bidding yang berisi sarana dan fasilitas yang ingin kami ajukan. Misalnya dengan membangun kompleks olahraga baru yang memiliki teknologi ramah lingkungan," ucap Erick.

Erick mengklaim keberhasilan pesta olah raga Asian Games 2018 membuat pamor Indonesia di dunia internasional terus meningkat. Mantan Presiden Inter Milan itu mengatakan Indonesia kerap diundang dalam berbagai ajang dan forum internasional. 

"Pak JK juga menyampaikan pengajuan Indonesia sebagai calon tuan rumah ini menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan Indonesia sebagai negara besar yang memiliki pertumbuhan ekonomi stabil," kata Erick.

Bach sendiri, kata Erick, memberikan respons yang positif atas keinginan pemerintah Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Indonesia harus bersaing dengan sejumlah negara besar untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, seperti Rusia, Jerman, Inggris, Spanyol, Afrika Selatan, dan Australia. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar