Rafael Smash Waspadai Penyebaran Cacar Monyet

  • Kamis, 16 Mei 2019 - 18:54:43 WIB | Di Baca : 1740 Kali

 

SeRiau - Belum lama ini warga Singapura dikejutkan dengan temuan penyakit baru bernama cacar monyet atau monkeypox. Penyakit itu dibawa oleh seorang pria Nigeria yang sudah terjangkit virus tersebut sejak 8 Mei silam.

Kini kabarnya Indonesia pun harus sudah mulai bersiap menghadapi penyebaran cacar monyet. Batam menjadi daerah yang paling rawan karena sering dijadikan pelabuhan terdekat dari Singapura.

Kekhawatiran pun mulai dirasakan oleh sebagian masyarakat, termasuk para selebriti. Rafael Smash, contohnya, melihat fenomena cacar monyet ini seperti saat tersebarnya virus flu burung.
"Sebenarnya itu agak meresahkan seperti flu burung dulu. Tapi kalau aku sih berusaha untuk tidak mikir ke sana. Kadang-kadang sugestinya kalau mikirin itu takutnya tiba-tiba datang," kata Rafael saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).

Rafael lalu menyarankan agar warga, khususnya di Batam, tetap menjaga asupan gizi agar daya tahan tubuh tetap kuat. Hal itu dirasa penting karena cacar monyet atau monkeypox merupakan sebuah virus yang bisa tersebar.

"Yang penting kita pola hidupnya baik dan jaga kesehatan saja supaya daya tahan tubuhnya kuat," tambah Rafael Smash.

Namun sejauh ini belum ditemukan kasus cacar monyet di Indonesia. Sebagai langkah preventif, pemerintah melakukan pemeriksaan ekstra terhadap kedatangan penumpang dari luar negeri melalui Batam dan Pekanbaru.*

 

 

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar