Operasi di Jateng dan Jatim, Densus 88 Ciduk 9 Terduga Teroris

  • Rabu, 15 Mei 2019 - 20:47:04 WIB | Di Baca : 1243 Kali

SeRiau - Jajaran Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menggelar operasi penindakan di dua wilayah provinsi Indonesia yakni, Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Dari kegiatan itu, aparat menciduk sembilan orang terduga teroris.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan dalam operasi di Jateng ada delapan terduga pelaku terorisme yang diamankan. Sedangkan di Jatim dilakukan penangkapan terhadap satu orang terduga teroris.

"Densus 88 melaksanakan tindakan preventif strike terhadap terduga pelaku terorisme pada 14 Mei 2019 dilakukan penangkapan sebanyak 9 terduga terorisme," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Dedi menjelaskan, tujuh dari sembilan terduga teroris yang diamankan pernah berangkat ke Suriah. Mereka memiliki militansi yang tinggi dan pengalaman yang tidak bisa dianggap remeh.

"Yang menjadi catatan penting di antara 9 pelaku terorisme yang sudah berhasil diamankan, 7 di antaranya pernah berangkat ke Suriah. Dua belum pernah berangkat ke Suriah. Artinya para pelaku yang tertangkap memiliki pengalaman, memiliki kemampuan, memiliki militansi yang lebih dibanding pelaku-pelaku yang pernah ditangkap terdahulu seperti yang kita sudah tangkap di Bekasi yaitu JAD Lampung, kemudian kelompok Bekasi," ujar Dedi. 

Kesembilan terduga teroris itu berinisial AH Alias Memet (26), A alias David (24), IH alias Iskandar (27), AU alias AL (25), JM alias Jundi (26), AM alias Farel (26), AS alias Tatang, PT alias Sharma (45) yang ditangkap di Jawa Tengah. Sementara satu lainnya berinisial JD ditangkap di Jawa Timur.

"Barang bukti yang diamankan 2 buah handphone, 2 kartu ATM, 2 buah flahsdisk, 1 buah laptop, 1 buah hardisk, dan buku catatan pribadi," ucap Dedi.

Kesembilan terduga teroris ini telah dibawa ke Mako Brimob guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar