KOSMP Dimulai Tahun Ini, Dispora Pekanbaru Siapkan Anggaran

  • Rabu, 15 Mei 2019 - 05:29:51 WIB | Di Baca : 1309 Kali
Kepala Dinas Pemuda dn Olahraga Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian

SeRiau - Program Kelas Olahraga Sekolah Menengah Pertama (KOSMP) Pekanbaru akan dimulai pada tahun ajaran 2019-2020 ini, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru siapkan sarana dan prasarana KOSMP.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, untuk menunjang terlaksananya program KOSMP tersebut, pihaknya akan menggunakan anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga Pekanbaru.

"Ini kita lakukan untuk membantu menyediakan sarana dan prasarana olahraga di sekolah yang telah ditetapkan. Baik itu peralatan pertandingan, venue ataupun kostum," kata Zulfahmi, Selasa (14/5/2019).

"Semisalnya peralatan atau venue yang belum ada ataupun sudah tidak layak, nanti akan kita ajukan untuk pengadaannya," sebutnya.

"Seperti tenis meja, badminton, takraw," ucapnya.

"Sementara itu, untuk perekrutan siswa yang akan bergabung dalam KOSMP nanti kita bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan pendaftaran ataupun penerimaan siswa KOSMP," katanya.

"Sedangkan KONI yang juga ikut andil dalam program KOSMP ini, kita harapkan bisa menyediakan atau memberikan pelatih yang bersertifikat untuk melatih siswa KOSMP nanti," katanya.

"Jika memungkinkan kita juga mengharapkan dukungan KONI Pekanbaru agar bisa membantu honor pelatih-pelatih ini," lanjutnya.

"Jika tidak memungkinkan maka kita akan cari solusinya, apakah nanti melalui Dispora atau KONI. Untuk tahap ini mungkin melalui Dispora," ungkapnya.

Perlu diketahui, untuk sekolah yang menjadi pelaksana dalam program KOSMP ini Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menunjuk dua sekolah yaitu, SMPN 13 dan SMPN 10 Pekanbaru.

Sedangkan untuk cabang olahraga yang dimasukan dalam program KOSMP ini ada 5 cabanh olahraga, diantaranya pencak silt, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja, dan futsal.

Ditambahkan Zulfahmi, bahwa lima cabang olahraga yang masuk dalam KOSMP ini adalah fokus kepada cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) tingkat SD.

"Sehingga, siswa yang berprestasi dibidang olahraga pada tingkat SD bisa tertampung di KOSMP ini," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar