Iran Akan Cabut Boikot Buat Atlet Israel

  • Senin, 13 Mei 2019 - 23:40:17 WIB | Di Baca : 1119 Kali

SeRiau - Federasi Judo Internasional (IJF) mencapai kesepakatan dengan otorita olahraga Iran yang menyiratkan bahwa negara itu tidak akan melarang atletnya menghadapi atlet Israel.

IJF menyebut  menyebut pihak Iran mengatakan akan mengakhiri fenomena di mana atlet mereka mengalami cedera tiba-tiba, atau pun gagal dalam timbang berat badan untuk menghindari kemungkinan bertemu dengan atlet Israel.

Dalam pembicaraan dengan Kementerian Olahraga Israel, Komite olahraga dan federasi judo negara tersebut, pihak IJF menyebut ada tanggapan positif dari pihak Iran.

Pihak Iran berjanji akan mengajukan surat kepada IJF dengan semangat menghargai  Piagam Olimpiade dan prinsip-prinsip anti diskriminasi.

Selama ini, Iran selalu menolak bila atletnya bertemu dengan atlet Israel dalam sebuah pertandingan.  Pada 2010, atlet Iran mundur dari kejuaraan taekwondo karena harus menghadapi atlet Israel, Gili Haimovitz.  

Pada 2012, kontingen Iran juga mengumumkan akan melakukan boikot bila atlet mereka harus menghadapi atlet Israel pada Olimpiade London.

Dua tahun lalu, dua atlet Iran mendapat kecaman di dalam negeri  setelah mereka memperkuat klub mereka di Yunani, Panionios menghadapi klub Israel Maccabi Tel Aviv pada  kualifikasi Liga Eropa.

Kedua pemain tersebut bahkan mendapat larangan tampil bersama timnas Iran seumur hidup. Namun hukuman tersebut kemudian dibatalkan karena adanya gelombang protes serta intervensi dari asosiasi sepakbola internasional (FIFA). (**H)


Sumber: Kompas.com





Berita Terkait

Tulis Komentar