Yaya Toure Resmi Pensiun dari Dunia Sepak Bola

  • Jumat, 10 Mei 2019 - 21:18:53 WIB | Di Baca : 1061 Kali

SeRiau - Mantan penggawa Manchester City dan Barcelona, Yaya Toure, secara resmi memutuskan gantung sepatu. Kepastian tersebut disampaikan oleh agennya, Dimitri Seluk. Ia menyebut kliennya sudah seharusnya memulai tahap baru dalam perjalanan hidupnya.

"Yaya telah memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai juara," kata Dimitri Seluk dilansir BBC Sport, Jumat (10/5).

Bulan lalu, Yaya mengatakan kepada BBC,dia tidak memiliki rencana dekat untuk pensiun dari sepak bola. Yaya juga tidak mengesampingkan bermain di Timur Tengah, Amerika Serikat, ataupun Asia.

Yaya terakhir kali memperkuat Olympiakos di Liga Yunani. Namun, kontraknya berakhir pada Desember 2018 dengan kesepakatan kedua belah pihak. Sejak itu, Yaya tak belum mendapatkan klub hingga ia mengumumkan pensiun.

"Dia salah satu pemain terbaik di Afrika dan memiliki karier paling cemerlang dalam sejarah sepak bola Afrika. Tentu saja setiap pemain ingin bermain selama mungkin. Akan tetapi, kami sudah membicarakan tentang keputusan ini sejak lama," kata Seluk.

Pesepak bola asal Pantai Gading berhasil memenangkan satu gelar Liga Champions bersama Barcelona pada 2008/2009 sebelum menghabiskan delapan tahun bersama Manchester City. Bersama the Citizens, Yaya meraih tiga trofi Liga Inggris.

Dimitri Seluk pun meyakini Toure akan mengambil sekolah kepaltihan dan kembali menghiasai sepak bola Eropa dari pinggir lapangan.

"Dua tahun setelah Yaya mendapatkan lisensi kepelatihan pro, ia akan memimpin salah satu klub serius dan mencapai sukses besar di bidang kepelatihan," ujar Seluk. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar