BI: Penukaran Uang Baru untuk Lebaran Dimulai 13 Mei

  • Jumat, 10 Mei 2019 - 19:02:52 WIB | Di Baca : 1765 Kali

SeRiau - Layanan penukaran uang yang disediakan Bank Indonesia (BI) untuk warga Jakarta akan digelar di Monas pada 13 Mei mendatang. Tanggal tersebut dipilih dengan pertimbangan masyarakat sudah memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR).

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan, layanan penukaran uang di Monas hanya berlangsung selama 12 hari yakni sampai 25 Mei. Uang tunai yang disediakan di Monas sebesar Rp 14,8 miliar.

"Jadi kalau sudah ada orang yang sudah menerima tunjangan hari raya (THR), silakan tukarkan uang di sana," kata dia di kantornya, Jumat (10/5).

Namun warga tidak perlu khawatir tidak kebagian menukar uang di Monas. Sebab layanan penukaran uang akan berlanjut namun di lokasi berbeda yakni Museum BI dari tanggal 24 Mei hingga 8 Juni.

Di Musem BI, uang tunai yang disiapkan tidak sebanyak di Monas, yakni hanya Rp 7,8 miliar.

BI membatasi jumlah penukaran uang hanya sebesar Rp 3,9 juta per orang dengan beberapa paket pecahan uang yang dapat dipilih. Ini bertujuan agar uang tidak berkonsentrasi pada satu orang tertentu dan kemudian disalahgunakan. Misalnya, untuk dijual kembali.

"Dan nanti mereka yang telah menukar uang akan diberi tanda, seperti tanda tinta seperti setelah pemilihan umum," ujarnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyiapkan layanan penukaran uang di 2.900 titik penukaran di seluruh Indonesia termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) terhitung mulai dari tanggal 13 Mei sampai 1 Juni 2019.

Kegiatan yang mengambil tema " RupiahUntuk Negeri: Titik Sinergi Bank Indonesia dan Perbankan Melayani Negeri" dilakukan dengan membuka kegiatan kas keliling di titik keramaian, kantor perbankan dan instansi lain termasuk di jalur mudik. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar