Ahmad Dhani Diprediksi Gagal Lolos ke DPR

  • Sabtu, 04 Mei 2019 - 05:24:23 WIB | Di Baca : 1134 Kali

 


SeRiau - Calon anggota legislatif dari Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo diprediksi gagal lolos ke DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Jawa Timur. Caleg-caleg dari kalangan selebritis pun diperkirakan sulit meraih kursi.

Hal itu berdasarkan perhitungan real count yang dilakukan lembaga SCG Research and Consulting.

Berdasarkan data SCG, nama besar Musikus Dewa 19 tersebut masih tertinggal dari dua caleg Partai Gerindra DPR Dapil I Jatim (Surabaya-Sidoarjo) lainnya.

Perolehan itu berdasarkan data real count TPS yang direkapitulasi oleh Tim SCG dari Kelurahan/Desa dan Kecamatan di Surabaya dan Sidoarjo yang telah mencapai 87 persen Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kamis (2/5).

"Hingga rekapitulasi SCG pada Kamis sore (2/5) perolehan Ahmad Dhani berada di kisaran 35 ribu suara, jauh di bawah Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo," ujar Direktur SCG, Didik Prasetiyono, Jumat (3/5).

Didik menambahkan kondisi itu akan makin sulit bagi Dhani, sebab berdasarkan perhitungan pihaknya Partai Gerindra hanya akan mendapat 1 kursi DPR di Dapil Jatim I.

"Jadi satu kursi milik Gerindra diperebutkan Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo. Selisih suara keduanya masih cukup tipis, yakni memperoleh suara coblos nama di atas 50 ribu suara," ujarnya.

Tak hanya Dhani, sejumlah nama caleg dengan latar belakang artis di Dapil Jatim I lainnya juga dipastikan sulit melenggang ke Senayan.

Misalnya, caleg PDIP Andre Hehanusa, Caleg Partai NasDem Manohara Odelia, Caleg PKB Sundari Soekotjo, hingga sang Caleg PKB petahana Arzeti Bilbina.

"Rupanya caleg-caleg artis belum memperoleh kepercayaan di Jatim I," papar Didik.

Namun, para caleg tersebut masih terus berebut hingga 100 persen data masuk dalam penghitungan KPU, hal itu kata dia akan seger diketahui pertengahan Mei ini.

Menurutnya, kegagalan para caleg artis tersebut adalah karena karena masih kedigdayaan caleg petahana yang pernah maju pada Pileg 2014.

"Hal ini terlihat dari hampir semua kandidat terpilih adalah legislator incumbent dan perolehan partai yang tidak mengalami banyak perubahan dibanding 2014," kata dia Didik.

Berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague, SCG memprediksi tiga kursi DPR menjadi milik PDIP, dua kursi untuk PKB, dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS, serta satu lagi masih terbuka diperebutkan Partai Demokrat dan Partai NasDem.

Berikut adalah urutan perolehan kursi DPR RI dari Dapil Jatim I berdasarkan konversi suara dengan metode Sainte Lague oleh SCG:

- Kursi ke-1 : PDIP - Puti Guntur Soekarno
- Kursi ke 2 : PKB - Syaikhul Islam
- Kursi ke-3 : Gerindra - Rahmat Muhajirin/Bambang Haryo
- Kursi ke 4: Golkar - Adies Kadir
- Kursi ke-5: PDIP - Bambang DH
- Kursi ke-6: PAN - Sungkono/Sunartoyo
- Kursi ke-7: PKS - Sigit Sosiantomo
- Kursi ke-8: PKB - Arzeti Bilbina/Fandi Utomo
- Kursi ke-9: PDIP - Indah Kurniawati
- Kursi ke-10 akan diperebutkan diantara Partai Demokrat dan Partai Nasdem menunggu rekapitulasi 100 persen KPU.

"Kursi terakhir Dapil Jatim I atau kursi ke-10, Partai Demokrat (Lucy Kurniasari) dan Nasdem masih berebut hingga final penetapan KPU Jatim pada pertengahan Mei ini," pungkas Didik. 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar