Peringati Hardiknas, Ujian Nasional Tidak Lagi Pakai Kertas

  • Kamis, 02 Mei 2019 - 06:36:25 WIB | Di Baca : 1312 Kali

 

SeRiau – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)diperingati pada setiap 2 Mei. Setiap tahunnya dunia pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan, salah satunya sistem ujian nasional.

Pengamat Pendidikan Doni Koesoema mengatakan, Ujian Nasional sekarang dilakukan secara online. Hal ini menunjukan bahwa sistem pendidikan juga mengarah ke lingkungan yang lebih ramah.

“Karena memang teknologi itu sudah menjadi bagian dari hidup manusia dan itu tidak terhindarkan lagi. Dengan membuat ujian secara online kita bisa mengirit kertas, jadi kita mau menjaga lingkungan tidak boros kertas,” kata Doni Koesoema ketika dihubungi Okezone, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Selain itu, semangat Hardiknas harus mampu menyesuaikan dunia pendidikan dengan era digital. Di mana para siswa bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun termasuk dari media sosial.

Oleh karena itu, Doni menilai perlunya adanya pembaruan dalam pendidikan di Indonesia. Hal ini harus menjadi semangat di tengah Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

“Belakang ini sosial media sendiri menjadi tantangan karena memang berhadapan langsung dengan akun pribadi dari siswa. Informasi dan data bahkan mengandung unsur yang negatif. 

Oleh karena itu lembaga pendidikan harus melatih dan memberi kemampuan kepada siswa untuk dapat mengkritisi infromasi yang mereka dapatkan secara objektif,” terang Doni

 

 

 

Sumber okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar