Cuaca Ekstrem Diprediksi Masih Terjadi hingga 2 Mei 2019

  • Ahad, 28 April 2019 - 19:40:04 WIB | Di Baca : 1035 Kali

SeRiau - Cuaca ektrem diprediksi masih akan terjadi hingga 2 Mei 2019 mendatang. Hujan lebat diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTB, Kaltim, Kalimantan Utara, Sultra, Gorontalo, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Aktivitas gelombang atmosfer Madden-Julian Oscillation (MJO) pada fase basah juga meningkatkan suplai massa udara basah di sebagian wilayah Indonesia. Selain itu, pusaran angin teridentifikasi di sekitar Laut Sulawesi, Selat Makassar, Kalbar, dan Laut Cina Selatan sebelah utara Kalimantan.

Tak hanya itu, BMKG juga memperingatkan adanya potensi gelombang laut tinggi hingga 4 meter selama periode tersebut. Gelombang tinggi diprediksi akan terjadi di sejumlah perairan seperti:

- Perairan barat Sabang-Banda Aceh

- Perairan barat Aceh

- Perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai

- Perairan Enggano

- Samudra Hindia barat Sumatera

- Perairan Jawa hingga Pulau Sumba

- Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan

- Samudra Hindia selatan Jawa hingga Bali selatan NTT

- Samudra Pasifik utara Papua

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor juga diimbau untuk mewaspadai kemungkinan banjir dan longsor akibat curah hujan yang tinggi. Selain itu, masyarakat juga diminta waspada dengan kemungkinan adanya pohon tumbang akibat angin kencang. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar