Veteran MotoGP: Ancaman Terbesar Marquez adalah Diri Sendiri

  • Kamis, 25 April 2019 - 01:30:51 WIB | Di Baca : 1091 Kali

SeRiau - Veteran MotoGP, Kevin Schwantz, mengatakan ancaman terbesar Marc Marquez dalam berburu gelar juara adalah dirinya sendiri.

Mantan pebalap kelas 500cc asal Amerika Serikat itu menilai saat ini Marquez tak memiliki lawan sepadan. Pebalap asal Spanyol itu dinilainya yang tercepat dan tak mampu dikalahkan para pebalap lainnya.

Meski demikian, Schwartz menganggap the Baby Alien kerap kesulitan mengontrol dirinya sendiri di trek sehingga kerap merugikannya sendiri.

"Ada 23 pebalap setiap pekannya berusaha menang, menaruh tekanan, berupaya lebih cepat darinya [Marquez] dari setiap lap di setiap sesi latihan."

"Seperti kita lihat di Austin, dia berupaya menjauh, tancap gas lebih cepat dan makin cepat. Anda bisa mengalami kebuntuan karena ada tiga atau empat detik dan harus konsisten ketika balapan dan tidak boleh melakukan kesalahan besar," kata Schwantz dikutip dari Marca.

Marquez kehilangan poin di MotoGP Amerika Serikat karena gagal finis setelah mengalami kecelakaan di Sirkuit the Americas, 14 April. Schwantz lantas mengomentari insiden tersebut yang membuatnya kehilangan poin.

"Ini kesalahan yang luar biasa. Kecelakaan itu bukan karena kecepatan yang berlebihan, tapi karena pengereman," ujar Schwantz.

Akibat kecelakaan itu, Marquez saat ini melorot ke peringkat empat klasemen sementara MotoGP 2019 dengan meraih 45 poin. Andrea Dovizioso ada di posisi teratas dengan 54 poin, sedangkan Valentino Rossi di peringkat kedua dengan 51 poin.

Schwantz pun menyebut satu-satunya cara bagi Marquez untuk tetap mendapatkan poin maksimal adalah dengan menaklukkan diri sendiri.

"Marc sangat cepat dan menunjukkan ia bisa memenangkan juara dunia. Ia membalap dengan cara berbeda ketimbang pebalap lainnya. Dia adalah satu-satunya ancaman bagi dirinya sendiri."

"Mungkin Jorge Lorenze ketika ia sehat lagi, Dovizioso, Rossi dan [Alex] Rins akan menjadi rival beratnya musim ini," tutur Schwantz. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar