KPU Jabar Terima Laporan 10 Petugas KPPS Meninggal Dunia

  • Jumat, 19 April 2019 - 22:17:54 WIB | Di Baca : 1053 Kali

SeRiau - KPU Jawa Barat menerima laporan ada 10 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia. Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok mengatakan mereka berasal dari Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, Purwakarta, dan Ciamis.

Rifqi menyebut petugas KPPS rata-rata meninggal akibat kelelahan. Sebab, mulai dari proses pemungutan hingga penghitungan suara memakan waktu yang cukup lama.

Dia berharap ke depannya KPU RI mengevaluasi manajemen waktu yang dibutuhkan, dengan berkaca pada Pemilu 2019.

"Ada yang sampai pukul 03.00 WIB subuh. Ada juga yang penghitungannya dilanjutkan keesokan hari sampai pukul 12.00 siang," kata Rifqi dalam keterangannya, Jumat (19/4).

Selain kelelahan, ada juga petugas KPPS yang meninggal karena serangan jantung. Dia menduga hal tersebut akibat stres menerima setumpuk tugas selama proses pemungutan hingga penghitungan suara.

"Mereka tertekan karena laporan kekurangan surat suara, mungkin jadi stres. Ini semua akan jadi bahan evaluasi kami," tambah Rifqi.

Atas kejadian tersebut, ia turut berduka. Rifqi akan mengusahakan agar keluarga yang ditinggalkan memperoleh santunan dari KPU RI.

"Kami mengucapkan bela sungkawa yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Semoga almarhum mendapat balasan yang setimpal. Mudah-mudahan khusnul khotimah," ujar Rifqi. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar