59 Pejabat di Ethiopia Ditangkap Terkait Kasus Korupsi

  • Sabtu, 13 April 2019 - 05:09:29 WIB | Di Baca : 1037 Kali

SeRiau - Pihak berwenang Ethiopia menangkap 59 pejabat pemerintah atas dugaan korupsi dan sabotase ekonomi. Penangkapan itu terkait aksi bersih-bersih pemerintah memerangi korupsi di negara tersebut.

Dilansir Antara yang mengutip Kantor Berita Reuters, Jaksa Agung Ethiopia, Berhanu Tsegaye, mengungkapkan mereka yang ditangkap dalam operasi Kamis termasuk pejabat tinggi. Di antaranya ialah, kepala dan staf lain dari Dinas Pembelian Umum dan Pemusnahan Properti (Public Procurement and Property Disposal Service) pemerintah, sementara yang lain berkerja di tempat yang sebelumnya menjadi Kementerian Keuangan, Ekonomi dan Kerja Sama.

"Kami menemukan sejumlah properti, seperti akta kepemilikan rumah yang dimiliki tersangka, sebagai pemasukan sampingan mereka," kata Berhanu, Jumat (12/4/2019).

Setelah dilantik tahun lalu, Perdana Menteri Abiy Ahmed berjanji akan melakukan 'bersih-bersih' di perusahaan milik negara dan militer. Pihaknya juga membatalkan banyak kontrak untuk konglomerat industri yang dikelola militer METEC.

Pada November lalu, Ethipoia menangkap lebih dari 60 pejabat, beberapa di antaranya dari badan intelijen dan METEC. Sedangkan pada Januari, mantan kepala METEC didakwa melakukan korupsi, menjadikannya pejabat paling senior yang didakwa pascapenangkapan. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar