Novel Baswedan Desak Jokowi Bentuk TGPF Independen

  • Kamis, 11 April 2019 - 20:32:23 WIB | Di Baca : 1046 Kali

SeRiau - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Independen untuk mengungkap kasus teror air keras yang dialaminya pada 11 April 2017 atau dua tahun silam. 

Tuntutan itu disampaikan Novel di sela-sela peringatan dua tahun teror terhadapnya di kantor KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta, Kamis, 11 April 2019. 

"Semua masyarakat Indonesia marilah kita mendesak kepada bapak Presiden untuk mau peduli untuk dibentuk TGPF," kata Novel.

Novel menambahkan, desakan pembentukan TGPF Independen ini tidak ada hubungannya dengan politik atau Pilpres yang bakal digelar sekitar enam hari lagi. Meski begitu, Novel menyatakan, pembentukan TGPF Independen jadi kesempatan bagi Jokowi menunjukan komitmennya dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Ini bukan masalah politik. Bukan masalah kita mau mendukung kita atau bukan tapi kesempatan ini adalah kesempatan yang baik bagi bapak Presiden untuk menunjukan komitmen dalam rangka mendukung pemberantasan korupsi," kata Novel. 

Tak hanya terkait kasus teror terhadap dirinya, Novel menyatakan TGPF Independen penting untuk mengusut kasus teror terhadap pegawai dan pimpinan KPK serta aktivis antikorupsi lainnya.

Novel menilai, tanpa pengusutan tuntas, teror-teror serupa terus terjadi hingga saat ini. Teror-teror ini harus segera dihentikan agar pemberantasan korupsi dapat dilakukan secara maksimal tanpa hambatan lagi.

"Sekarang teror-teror itu masih terus terjdi. Kita tentunya berharap kita ingin menghentikan itu. Tak boleh ada lagi teror-teror yang dilakukan terhadap orang-orang yang berjuang memberantas korupsi. Tidak boleh ada upaya-upaya untuk menghalang-halangi, menghambat dan lain-lain dalam rangka untuk memproses tindak pidana korupsi yang dilakukan. Kalupun itu terjadi maka negara harus hadir," imbuhnya. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar