Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia, AHY Sebut Mengkhawatirkan

  • Kamis, 11 April 2019 - 18:36:29 WIB | Di Baca : 1070 Kali

SeRiau - Panglima Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) menyebut, kabar surat suara yang sudah tercoblos di Malaysia mengkhawatirkan.

Ia meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera memberi kepastian.

AHY mengaku, mendengar kabar surat suara yang sudah tercoblos di Malaysia, saat perjalanan dari Cirebon, menuju Karawang.

"Tentu ini mengakhawatirkan kita semuanya. Dan saya rasa harus segera ditindaklanjuti," kata AHY usai mengahdiri kampanye di Indo Alam Sari, Karawang, Kamis (11/4/2019).

Artinya, kata AHY. Bawaslu dan KPU harus segera memastikan perihal kabar tersebut. Ia juga meminta pihak terkait memastikan tidak ada kecurangan lainnya. Sebab, kata dia, kecurangan pada pemilu akan melukai proses demokrasi.

Ia pun meminta, seluruh warga negara melaporkan ke pihak terkait jika menemukan pelanggaran pemilu. Sebab, proses demokrasi membutuhkan partisipasi dari seluruh pihak.

"Kita ingin 17 April nanti, menjadi momentum yang baik dalam perpolitikan kita ke depan. (menjadi) pemilu yang semakin beradab, semakin berkualitas, dan berintegritas," katanya.

Sebelumnya, beredar video amatir yang menunjukan surat suara sudah tercoblos. Surat suara itu dimuat dalam puluhan kantong. Diduga, hal ini terjadi di Selangor, Malaysia. Video ini beredar di WhatsApp dan media sosial. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar