Tips Ferguson Setop Messi Bisa Bantu Man United vs Barcelona

  • Rabu, 10 April 2019 - 21:20:47 WIB | Di Baca : 1010 Kali

SeRiau - Sir Alex Ferguson pernah berbagi tips dalam buku autobiografi cara menghentikan Lionel Messi dan bisa membantu Manchester United saat menjamu Barcelona pada leg pertama 16 besar Liga Champions2018/2019 di Stadion Old Trafford, Rabu (10/4) malam waktu setempat.

Dikutip dari Mirror, mantan manajer Man United itu pernah sedikit membahas tips menghentikan Messi dalam bukunya tersebut. Tulisan itu merupakan refleksi atas pengalamannya saat menangani Setan Merah empat kali berhadapan dengan Blaugrana yang diperkuat Messi.

Pertemuan awal di leg pertama semifinal Liga Champions, 23 April 2008, yang berakhir imbang tanpa gol. Berikutnya, Setan Merah menang 1-0 atas Barcelona pada leg kedua di Stadion Old Trafford, 29 April dan melenggang ke final.

"Anda membutuhkan para bek tengah yang harus siap mengadang tepat di depan Messi dan jangan pedulikan apa yang terjadi di belakangnya."

"Dia akan bergerak juga ke arah samping. Tidak masalah. Dia kurang berbahaya jika berada di sisi pertahanan ketimbang ada di tengah [pertahanan tim]," demikian tulis Ferguson di autobiografinya pada 2013 seperti dikutip dari Mirror.

Pertemuan ketiga dan keempat Man United vs Barcelona di Liga Champions terjadi pada 2009 serta 2011. Tepatnya pada final Liga Champions 2009, Messi membalas kekalahan untuk Barcelona dengan mencetak satu gol pada menit ke-70 dan membawa Barca menang 2-0 atas Setan Merah.

Blaugrana dan Red Devils kembali bersua di final Liga Champions 2011 di Stadion Wembley, 28 Mei 2011. Barcelona kembali menghancurkan Setan Merah 3-1 dan Messi ikut mencetak satu gol.

Ferguson pun menyatakan menjadikan kekalahan tersebut sebagai pelajaran berharga, terutama dalam hal berbagi cara untuk menghentikan Messi.

"Setelah kekalahan itu saya katakan kepada diri saya sendiri: 'Jika kami kembali lawan Barcelona di final Liga Champions ke depannya, saya punya [Phil] Jones dan[Chris] Smalling atau Smalling dan [Jonny] Evans, yang akan mengadang Messi."

"Saya tidak akan membiarkannya [Messi] kembali mengoyak kami lagi," lanjut Ferguson dalam tulisan autobiografinya.

Kini, Setan Merah kembali menghadapi Barcelona yang bakal mengandalkan Messi. Sang pelatih Man United, Ole Gunnar Solskjaer, kemungkinan pula sudah meminta saran dari mantan manajernya, Ferguson, untuk menghentikan La Pulga. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar