Siswa SMA di Kalteng Lebih Pilih Kartu Prakerja daripada KIP Kuliah

  • Senin, 08 April 2019 - 22:23:49 WIB | Di Baca : 1223 Kali

SeRiau - Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) terus menyosialisasikan 3 kartu saktinya, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako Murah. Dalam kampanye di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Jokowi meminta perwakilan pendukungnya untuk memberikan tanggapan mengenai kartu sakti itu.

Seorang pendukung bernama Alfiansah yang baru lulus SMA ditawari Jokowi untuk memilih antara KIP Kuliah atau Kartu Prakerja. Alfiansah lebih memilih mendapatkan Kartu Prakerja agar segera bisa meringankan beban orang tuanya. 

"Sudah lulus?" tanya Jokowi ke Alfiansah di GOR Kalawa Convention Hall, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4) malam.

"(lulus) SMA," jawab Alfiansah.

"Mau kemana?" tanya Jokowi lagi.

"Belum tahu" jawab Alfiansah.

"Saya tawari pilih KIP kuliah atau Kartu Prakerja?" pinta Jokowi

"Langsung (kartu) yang kerja Pak. Tapi, (kartu) dua-duanya saja," jawab Alfiansah.

"Enak saja. Satu. Kenapa senang (Kartu) Prakerja?" tanya Jokowi.

"Karena langsung kerja tak merepotkan orang tua," jelas Alfiansah.

"Ini kamu pegang akan dilakukan training baik dalam maupun luar sehingga akan cepat langsung dapat pekerjaan tapi kalau belum dapat akan ada insentif honor," ungkap Jokowi.

Mendegar penjelasan Jokowi itu pun, Alfiansah berharap Jokowi dapat terpilih kembali. Ia ingin kartu sakti Jokowi itu bisa terwujud.

“Ayo kita pilih nomor satu biar kartu ini bisa bermanfaat, biar terealisasikan demi Indonesia menurunkan pengangguran dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

Pernyataan Alfiansah itu pun disambut meriah oleh pendukung Jokowi yang memadati lokasi acara. Jokowi lalu memberikan hadiah kepada Alfiansah.

“Terima kasih. Hadiahnya selfie karena sepeda enggak boleh,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian meminta seorang pendukungnya yang lain naik ke atas panggung untuk menanggapi KIP Kuliah. Seorang pendukungnya bernama Sintia tampak antusias menanggapi pertanyaan Jokowi.

“(KIP Kuliah agar) meringankan beban semester,” tutur Sintia.

“Iya ini memang beasiswa. Pengennya mau apa? Kamu jangan tanya saya, kamu pegang ini setelah pegang, ini Pak saya mau belajar biar cepat lulus gitu,” jawab Jokowi menanggapi pernyataan Sintia.

Sama seperti sebelumnya, Jokowi memberikan hadiah ke Sintia kesempatan berfoto bersama di atas panggung. Dalam kesempatan ini, Jokowi menegaskan program 3 kartu sakti andalannya merupakan janji kampanye. Sehingga baru bisa terlaksana kalau ia terpilih lagi sebagai presiden.

“Tapi bapak ibu, 3 kartu baru akan efektif tahun depan karena program capres. Siapa setuju? Sekali lagi 3 kartu ini siapa setuju?” tanya Jokowi yang disahut kata ‘setuju’ oleh para pendukungnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar