Hoax Erdogan Pro-Prabowo Dibongkar Media Prancis, BPN: Bukan dari Kami

  • Ahad, 07 April 2019 - 20:45:07 WIB | Di Baca : 111 Kali

SeRiau - Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), membongkar foto hoax yang menampilkan gambar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan seolah mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menegaskan foto hoax itu bukan dari mereka.

"Nggaklah, nggak dari BPN gitu-gitu," kata juru bicara BPN, Andre Rosiade, kepada wartawan, Minggu (7/4/2019).

Andre mengatakan dirinya tak tahu siapa yang menyebarkan foto hoax tersebut. Lagi pula, kata Andre, foto tersebut tanpa dibongkar AFP pun pasti sudah diketahui merupakan editan.

Loading...

"Facebook itu kan kita nggak tahu ya siapa yang menyebarkan. Ya mungkin itu ada bagian pendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi ya. Ya biasalah, kan.... Tapi sebenarnya itu sederhana ya. Dari awal kan dari foto itu ada Photo Grid ya. Udah jelas kalau Photo Grid berarti ada foto editan. Semua orang sudah tahu ya," sebut Andre.

Lebih jauh Andre mengatakan Erdogan memang punya kedekatan dengan beberapa tokoh di Indonesia. Andre berbicara elite-elite dari PKS pendukung Prabowo-Sandi yang disebutnya punya hubungan dengan Erdogan.

"Tapi kalau kedekatan Pak Erdogan dengan pendukung Pak Prabowo kan jelas. Pak Erdogan ini kan dari PKP di Turki ya. Kita tahu Pak Erdogan ini dekat dengan tokoh-tokoh di Indonesia, teman-teman PKS kan. Ustaz Sohibul Iman, Ustaz Salim Segaf, lalu juga teman-teman Garbi ya, Bang Fahri Hamzah, Anis Matta, memang dekat dengan Erdogan. Dan orang-orang yang dekat dengan Erdogan di Indonesia semuanya mendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi ya," ucap Andre.

Dilansir AFP Fact Check, Minggu (7/4), judul laporan pengecekan fakta sudah sangat jelas, yakni, "Bukan. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di Pilpres."

Tulisan itu menimpa foto Erdogan yang sedang tersenyum sambil mengangkat tangan kanan, menunjukkan salam dua jari dengan telunjuk dan jempol terangkat, gestur khas pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Di sudut kanan ada tulisan Prabowo-Sandi, dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama terang Erdogan. 

Informasi klaim dukungan Erdogan untuk Prabowo Sandi adalah salah. Gambar Erdogan yang mengacungkan salam dua jari Prabowo-Sandi merupakan hasil pemalsuan dari foto asli Sandiaga Uno yang sedang duduk di sebuah pesawat.

"Sebuah gambar telah dibagikan ribuan kali di Facebook dengan tujuan untuk menunjukkan dukungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk capres Indonesia Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," tulis AFP. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar