Taklukkan Southampton 3-1, Liverpool Puncaki Klasemen Liga

  • Sabtu, 06 April 2019 - 07:39:28 WIB | Di Baca : 1054 Kali


SeRiau - Liverpool memuncaki klasemen Liga Inggris setelah menang 3-1 atas Tuan Rumah Southampton pada laga pekan ke-33 Liga Inggris di St. Mary's Stadium, Jumat (5/4) atau Sabtu dini hari WIB. 

Raihan tiga poin kemenangan itu membuat Liverpool menggeser posisi Manchester City di posisi atas klasemen. Liverpool unggul dua poin atas Manchester City. Liverpool 82 poin, City 80 poin.

Bermain di kandang Southampton, Liverpool dikejutkan dengan gol Shane Long di menit ke-9. Gol berawal dari umpan Ryan Bertrand di sisi kanan pertahanan Liverpool. Umpan disundul Pierre-Emile Hojbjerg ke belakang dan diterima Shane Long yang berdiri bebas di depan gawang.

Long tak menyia-nyiakan kesempatan dan langsung menceploskan bola ke gawang. Allison, sang penjaga gawang tak dapat berbuat apa-apa. Skor 1-0 untuk Southampton

Tertinggal satu gol, Liverpool mencoba menekan tim tuan rumah. Di menit 16, Mohamed Salah memberikan crossing, dan disambut Sadio Mane. Sayang, sundulannya, ditepis penjaga gawang Southampton Angus Gunn.

Tiga menit berselang giliran Southampton melalui Long yang mencoba menambah gol. Namun, peluang emas itu gagal dimanfaatkan Long. umpan silang dari sayap kiri gagal diselesaikan masuk ke gawang.

Pada menit ke-23 anak asuh Jurgen Klopp itu mendapat peluang untuk mengejar ketinggalan. Mohamed Salah melepaskan tembakan dari jarak dekat usai menerima umpan Andrew Robertson. Sayangnya, bola tembakan Salah masih bisa diblok bek Soton, Jan Bednarek.

Liverpool baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-36 melalui Naby Keita yang memanfaat assist Trent Alexander-Arnold. Tandukan Keita ke pojok bawah tak bisa diantisipasi Gunn. 

Di menit 39, The Reds berpeluang menggandakan keunggulan Liverpool. Umpan Firmino ke tengah kotak penalti, disambut Mane dengan sundulan. Namun masih melebar dari gawang. Skor imbang 1-1 hingga babak pertama usai.

Babak kedua dimulai, Southampton kembali menggebrak dan berinisiatif menyerang. Menit 48. Umpan Yan Valery gagal dimaksimalkan Redmond. Padahal, posisi Redmond sudah berdiri bebas.

Pasukan Ralph Hasenhuttl terus mencoba menguasai pertandingan. Hingga menit ke-55, lini tengah Southampton mendominasi.

Tiga menit berselang, giliran Liverpool yang mulai membalikan keadaan. Di menit 58, Liverpool hampir mendapatkan kesempatan emas setelah Keita terjatuh di kotak penalti akibat penjagaan Yoshida. Namun, wasit menganggap bukan pelanggaran.

Klop menarik Wijnaldum dan Trent Alexander-Arnold menggantikannya dengan James Milner dan Jordan Henderson untuk menambah daya serang. 

Hasilnya, The Reds terus menekan tuan rumah. Di menit 60, Firmino melepaskan tendangan jarak jauh. Tapi tendangannya diantisipasi Gunn.

Liverpool yang terus menekan, akhirnya berhasil membuahkan hasil di menit 80 melalui gol Salah. Berawal dari solo run dari tengah lapangan ke kotak penalti Southampton, tembakan Salah bersarang di pojok gawang Gunn.

Unggul satu angka, Liverpool tak mengendurkan serangan. Enam menit kemudian, di menit 86, The Reds menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui Henderson.

Henderson yang berlari ke dalam kotak penalti langsung menyambut umpan tarik yang diberikan Firmino. Luncuran bola ke pojok bawah gawang tak sanggup dibendung Gunn. Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang berakhir.


Susunan Pemain:

Southampton: Angus Gunn; Jannik Vestergaard, Maya Yoshida, Jan Bednarek; Yan Valery, James Ward-Prowse, Pierre-Emile Hojbjerg, Oriol Romeu, Ryan Bertrand; Shane Long, Nathan Redmond.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold (Jordan Henderson), Joel Matip, Virgil van Dijk; Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum (J Milner), Naby Keita, Fabinho; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar