Gunung Agung Digoyang 8 Kali Gempa Usai Erupsi Kemarin

  • Jumat, 05 April 2019 - 11:14:07 WIB | Di Baca : 1095 Kali

 

SeRiau – Gunung Agung mengalami delapan kali gempa sejak Kamis 4 April kemarin hingga pukul 06.00 Wita tadi. Gunung api tertinggi di Bali itu juga sempat erupsi pada dini hari kemarin pukul 01.31 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Jumat (5/4/2019) melaporkan, dari rekaman seismograf pukul 00.00 hingga 06.00 Wita tadi, Gunung Agung dilanda satu kali gempa vulkanik dangkal.

Sedangkan pada Kamis dini hari kemarin hingga tengah malam tadi tercata, Gunung Agung mengalami sekali gempa letusan, dua gempa vulkanik dangkal, sekali gempa vulkanik dalam, satu kali gempa tektonik lokal dan dua kali gempa tektonik jauh.

“Dari kemarin hingga pagi ini visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut, teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dengan tinggi sekitar 200 meter dari puncak. Angin bertiup lemah ke arah barat,” sebut PVMBG.

Tingkat aktivitas Gunung Agung kini berada di level III atau Siaga.
PVMBG meminta masyarakat maupun wisatawan agar tidak beraktivitas di seluruh area dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.
Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, diminta mewaspadai potensi ancaman aliran lahar hujan.

Gunung Agung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut itu terakhir erupsi pada Kamis kemarin pukul 01.31 Wita, dengan tinggi kolom abu sekira 2.000 meter di atas puncak.

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar