DPPPA Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah untuk Perempuan

  • Sabtu, 30 Maret 2019 - 08:26:24 WIB | Di Baca : 1325 Kali

SeRiau - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) melakukan pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi barang berguna, Jum'at (29/3/2019) di Hotel New Hollywood Pekanbaru.

Pelatihan ini sendiri sudah dimulai sejak Kamis (28/3/2019) sampai Sabtu (30/3/2019) yang dibuka oleh Kepala Dinas DPPPA, Mahyuddin. Pelatihan diikuti oleh ibu - ibu yang berdomisili Pekanbaru.

Kepala DPPPA, Mahyuddin melalui Kepala Bidang Pengarustamaan Gender, Astra Mulberiyani, SP menyebutkan DPPPA juga  mempunyai tugas memberdayakan perempuan, terutama dibidang ekonomi, sosial, politik dan pendidikan.

"Sebagai ibu rumah tangga, jelas perempuan memproduksi terbanyak limbah rumah tangga. Sehingga kita harus sama - sama memberdayakan perempuan untuk memanfaatkan limbah menjadi hal yang berguna," ujarnya.

Saat ini, kata dia, isu lingkungan mengenai sampah belum tertangani dengan baik. Jadi dengan memberdayakan perempuan dalam hal ini tentunya akan memiliki dua manfaat, pertama isu lingkungan mengenai kebersihan tertangani, kedua dengan dimanfaatkannya limbah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis bisa menambah tambahan penghasilan keluarga.

"Dalam pelatihan ini kita bagi kepada dua tahapan limbah. Pertama, limbah organik difermentasikan dengan EM 4 untuk menjadi pupuk. Kedua, limbah unorganik seperti kaleng susu bekas jadi kotak tisu, kepala botol minuman jadi bross dan lain sebagainya," paparnya.

Kedepan, kata Astra, ibu - ibu ini akan menjalin MoU dengan Bank Sampah Pekanbaru. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id





Berita Terkait

Tulis Komentar