Mantap, 24 Tim Tampil Memukau, Tavip: Ini Cara SMAN 8 Kenalkan Tarian Nusantara ke Siswa

  • Senin, 25 Maret 2019 - 19:52:05 WIB | Di Baca : 150 Kali

 

SeRiau - Sebanyak 24 tim dari siswa kelas XI tampil memukau pada Pergelaran Seni Tari Tradisonal SMAN 8 Pekanbaru. Tari tradisonal mulai dari aceh sampai papua ini dapat merajut kebudayaan nusantara dari seni tari tradisional serta meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

Kepala SMAN 8 Pekanbaru Tavip Triacandra saat membuka kegiatan tersebut  mengatakan pergelaran seni tari SMAN 8 Pekanbaru ini merupakan program setiap tahun dengan tujuan melestarikan seni tari tradisional yang ada di Indonesia. Kegiatan yang menampilkan berbagai tarian tradisional ini merupakan salah satu cara sekolah memperkenalkam tari tradisional kepada siswa.

Loading...

" Karena begitu banyaknya tarian nusantara maka kegiatan pergelaran seni diharapkan siswa dapat melestarikan budaya nusantara yang menjadi budaya nasional," kata Tavip, Senin (25/3) di Pekanbaru.

Waka Humas SMAN 8 Pekanbaru, Amri menambahkan selain mengadakan seni tari tradisional juga diadakan bazar yang merupakan implementasi dari pelajaran dari pendidikam kewirausahaan. Bazar dari masing masing kelas X ini menjual berbagai makanan, minuman dan hasil prakarya anak." Kita ingin tanamkan dari diri siswa mental kewirausahaan dan ini juga salah satu masuk mata pelajaran PKWU," kata Amri

Pergelaran tari tradisonal ini, kata Amri, dinilai oleh juri. Pemenang pertama pergelaran seni tari memperoleh hadiah sebesar Rp 1juta, juara kedua memperoleh Rp 750 ribu dan juara ketiga memperoleh hadiah Rp 500 ribu.

Sementara Ketua Komite SMAN 8 Pekanbaru Kamriwoto mengapresiasi kegiatan yang dibuat oleh sekolah dalam melestarikan tarian tradisonal. Kegiatan yang mengasah kekompakan gerakan seni tari ini hendaknya dapat memicu kreativitas siswa.

" Kami dari komite mendukung kegiatan sekolah jika program yang dibuat bermafaat, ya salah satunya pergelaran seni tari tradisional ini," kata Kamriwoto (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar