Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Mengarah ke Kebun Sawit Milik Swasta

  • Kamis, 21 Maret 2019 - 18:52:19 WIB | Di Baca : 253 Kali

SeRiau - Kebakaran lahan di Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, terus meluas. Saat ini api mengarah ke perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta, PT Teso Indah.

"Titik api mengarah ke PT Teso Indah, jaraknya sekarang sekitar 200 meter. Jika dari kawasan SM Kerumutan, titik api jaraknya lebih kurang dua kilometer," ujar Kepala Resort Pekan Heran SM Karumutan Selatan Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Zulkifli saat diwawancarai Kompas.com, Kamis (21/3/2019).

Zulkifli mengatakan, upaya pemadaman terus dilakukan oleh tim gabungan dari Manggala Agni, TNI/ Polri, BBKSDA Riau, BPBD dan masyarakat. Dilakukan juga penyekatan agar api tidak makin meluas.

Loading...

"Besok semua tim gabungan akan fokus memadamkan kepala api yg mengarah ke kawasan SM Kerumutan dan PT Teso Indah," sebut Zulkifli.

Lahan yang terbakar dengan kawasan hutan SM Kerumutan dan sawit PT Teso Indah, dibatasi dengan kanal yang cukup besar berukuran sekitar empat meter.

Meski demikian, petugas khawatir dengan yang namanya 'api loncat', sehingga potensi itu harus diwaspadai.

Secara terpisah, Kepala Daops Rengat Ismail Hasibuan juga khawatir apabila api sudah masuk ke kawasan habitat harimau sumatera itu.

"Kita berharap api tidak sampai menjalar ke hutan. Karena kalau sudah masuk ke sana, kita bakalan susah memadamkannya," ujar Ismail.

Selain sulit memadamkan api, petugas juga harus berhati-hati, karena hutan tersebut merupakan sarang harimau sumatera.

Untuk diketahui, kebakaran lahan gambut di Desa Sungai Guntung Hilir sudah memasuki hari ketujuh. Api belum bisa dikendalikan dan kepulan asap makin parah.

Berdasarkan pengamatan petugas, luas lahan yang terbakar sekitar 50 hektar. Kasus kebakaran ini juga sedang diselidiki oleh Polres Inhu. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar