Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Riau

  • Kamis, 21 Maret 2019 - 07:20:11 WIB | Di Baca : 197 Kali

SeRiau - Aparat kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran lahan di Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu(Inhu), Riau.

"Terkait dengan kejadian kebakaran ini, kita akan melakukan langkah-langkah lebih lanjut, dalam artian untuk melakukan penyelidikan, apakah lahan ini sengaja dibakar atau tidak," ungkap Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting saat diwawancarai Kompas.com, Rabu (20/3/2019).

Sebagai langkah awal, kata dia, lokasi lahan terbakar sudah dilakukan penyegelan dengan dipasang spanduk pertanda dilakukan penyelidikan oleh kepolisian.

Loading...

"Lahan terbakar yang kita selidiki seluas lebih kurang 30 hektar atau satu blok lahan kosong yang belum terkelola," sebut Dasmin.

Lahan yang terbakar ini belum diketahui siapa pemiliknya. Apakah itu milik perusahaan atau masyarakat setempat.

"Belum kita pastikan siapa pemiliknya. Kita enggak mau berandai-andai. Proses (penyelidikan) inilah yang akan menjawab. Sejauh ini lima orang sudah kita mintai keterangan," ujar Dasmin.

Namun dia menegaskan, selama lahan disegel, tidak ada masyarakat atau siapapun yang mengelola lahan tersebut.

"Kita harapkan tidak ada yang mengelola lahan, sampai dinyatakan proses penyelidikan dan penyidikan dinyatakan selesai oleh polisi," terang Dasmin.

Dia juga mengaku akan menindak tegas pelaku karhutla tersebut.

"Siapapun pelaku akan kami tindak tegas," kata Dasmin.

Sementara itu, Dasmin Ginting menyebutkan, upaya pemadaman kebakaran lahan masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat.

"Saat ini ada tiga titik api yang dilakukan pemadamam. Pemadaman sudah berlangsung lima hari," sebutnya.

Kedalaman gambut sulitkan proses pemadaman

Menurut Dasmin, pemadamam cukup sulit dilakukan karena kedalaman gambut mencapai lima sampai enam meter. Sehingga upaya yang efektif dilakukan, yaitu penyekatan agar api tidak meluas.

"Penyekatan terus kita lakukan. Kalau untuk memadamkan api saja, itu sangat sulit," akui Dasmin.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran lahan sangat parah terjadi di Desa Sungai Guntung Hilir dan Desa Sungai Guntung Tengah.

Kebakaran sudah hampir satu pekan. Sedangkan luas lahan yang terbakar mencapai 50 hektar.

Lokasi lahan yang terbakar ini juga berdekatan dengan kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Karumutan, yang berjarak sekitar dua kilometer. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar