Di Riau, Inilah Sẹkolah yang Laksanakan USBN dengan Komputer.

  • Kamis, 14 Maret 2019 - 14:35:36 WIB | Di Baca : 700 Kali

 

SeRiau - Ada yang beda dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMK. Dimana, sekolah lain melaksanakan ujian sekolah secara manual atau kertas pensil. Namun tidak, bagi SMKN 3 Pekanbaru. Sekolah yang berlokasi di Jalan Dr.Sutomo Pekanbaru ini melaksanakan USBN berbasis komputer.

Kepala SMKN 3 Pekanbaru Rita Johan mengatakan USBN dengan komputer ini bukan tahun ini saja, melainkan sudah memasuki tahun ketiga. Meskipun banyak sekolah yang melaksanakan USBN secara manual, namun SMKN 3 Pekanbaru bisa menyelenggarakan USBN dengan komputer. 

Loading...

Jumlah siswa SMKN 3 yang ikut USBN sebanyak 381 orang dengan 8 kompetensi keahlian. Jumlah ruangan ujian komputer yang digunakan ada 5 ditambah 1 ruangan cadangan. Satu hari ujian dibagi dalam 3 sesi yakni sesi pertama mulai jam 7.30 hingga jam 10.30. Sesi kedua jam 11 hingga jam 14. 00 dan sesi ketiga mulai jam 14.30 hingga jam 17.30.

" Jadi kita tetapkan satu hari dengan dua mata pelajaran, sama dengan kertas pensil. Hanya saja, siswa kita pulang jam 17.30 karena dibagi dalam tiga sesi. Kalau dua sesi dengan dua mata pelajaran satu hari, waktunya tidak cukup. Oleh karena itu ujian kita bagi dalam tiga sesi ," kata Rita didampingi ketua panitia USBN, Meri, Kamis (14/3) di Pekanbaru

Rita juga menambahkan, kelebihan sekolah melaksanakan ujian sekolah dengan komputer antara lain sekolah bisa menghemat ạnggaran karena biaya kertas tidak diperlukan lagi. Jumlah pengawas ujian lebih sedikit sebab ruangan yang digunakan tidak terlalu banyak dan terakhir, sekolah memanfaatkan tenaga IT yang ada disekolah. Pelaksanaan ujian tetap berakhir sampai tanggal 19 maret sama dengan ujian sekolah secara manual.

" Khusus kelas X dan XI kita liburkan walaupun ruang kelas tidak digunakan namun aturan dari pusat, untuk USBN dan UNBK siswa kelas X dan XI diliburkan dan diminta untuk belajar di rumah," kata Rita. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar