Vietnam Minta Malaysia Bebaskan Doan Layaknya Siti Aisyah

  • Rabu, 13 Maret 2019 - 06:41:11 WIB | Di Baca : 1062 Kali

SeRiau - Pemerintah Vietnam meminta Malaysia membebaskan warga negaranya Doan Thi Huong terkait kasus pembunuhan Kim Jong-Nam. Vietnam meminta perlakuan adil atas Doan sama seperti pembebasan WNI Siti Aisyah.

Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh meminta Malaysia segera membebaskan Doan. Minh mendesak pengadilan bersikap adil.

"Dia meminta Malaysia bisa memastikan pengadilan yang adil dan membebaskan Doan Thi Huong," kata penyiar radio Voice Vietnam setelah Minh menelpon Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah, seperti dikutip AFP, Selasa (12/3/2019).

Siti Aisyah dan Doan Thi Hong memiliki nasib berbeda meski sama-sama didakwa membunuh Kim Jong-Nam di Malaysia. Siti Aisyah bisa bebas berkat lobi-lobi dan surat antarmenteri.

Siti Aisyah dibebaskan dari segala tuntutan atas dugaan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam pada 13 Februari 2017. Putusan itu dijatuhkan hakim Azmin saat mengabulkan permohonan jaksa yang mencabut dakwaan pembunuhan yang sebelumnya dijeratkan terhadap Aisyah.

Merunut ke belakang, pembelaan dan pendampingan kepada Siti Aisyah telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia sejak dia ditangkap pada Oktober 2017 hingga menjalani proses persidangan. Pertemuan bilateral juga dilakukan untuk memuluskan pembelaan kepada Siti Aisyah. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar