99 Kotak Suara Pemilu 2019 di Pasaman Barat, Sumbar, Rusak

  • Ahad, 24 Februari 2019 - 18:47:32 WIB | Di Baca : 1364 Kali

SeRiau - KPU di seluruh daerah mulai berbenah memastikan kesiapan logistik untuk Pemilu 2019. Namun, beberapa ditemukan rusak. Di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, ada sekitar 99 kotak suara untuk Pemilu 2019 rusak.

"Kita telah melakukan sortiran beberapa hari ini terhadap 5.908 kotak suara yang diterima. Ditemukan 99 kotak suara rusak saat pengiriman dari rekanan beberapa waktu lalu," kata Komisioner KPU Pasaman Barat, Adri, Minggu (24/2), dilansir Antara.

Ia mengatakan kotak suara yang ditemukan rusak itu terdapat di daerah Simpang Empat. Kondisinya tidak dapat digunakan untuk Pemilu 2019, karena itu seluruh kotak suara tersebut disimpan di Gedung Utama KPU sambil menunggu penggantian. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU provinsi untuk menanggulangi masalah tersebut.

Ia menyebutkan sebagian besar kerusakan itu terdapat di bagian penutup atas kotak dan bagian samping kotak suara. Beberapa di antaranya juga mengalami sobek atau bolong di bagian dinding dan bagian samping kotak suara.

Selain kerusakan, KPU sebelumnya juga menemukan kekurangan kotak suara sebanyak 123 unit. "Kami butuh 6.030 kotak suara, kurang 122 kotak lagi dari jumlah yang dibutuhkan," tegasnya.

Hingga saat ini, KPU Pasaman Barat, bersama tim sudah menyelesaikan sekitar 80 persen perakitan kotak suara yang disimpan di dua gudang. Pertama di gudang milik KPU dan gudang milik Pemkab Pasaman Barat. 

Meski begitu, KPU mengklaim belum ada kendala yang berarti dalam tahapan perakitan. Pihaknya menargetkan perakitan kotak suara akan selesai tepat waktu sehingga bisa diketahui berapa jumlah total kerusakan dan kekurangan kotak suara. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar