JK: Ustaz Jangan Hanya Bicara Surga dan Neraka

  • Sabtu, 23 Februari 2019 - 22:42:20 WIB | Di Baca : 1193 Kali

SeRiau - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menganjurkan agar para ustaz memahami masalah-masalah aktual yang berkembang saat ini.

JK yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) j mengatakan ustaz sebaiknya tidak hanya bercara terkait surga dan neraka tetapi apa yang bisa dicapai untuk kemajuan Indonesia.

"Dibutuhkan ustaz yang memahami masalah-masalah dewasa ini, memahami generasi muda lainnya, tentu kita tidak berkhutbah dengan menakutkan saja, tidak hanya bicara tentang surga dan neraka saja," kata JK dihadapan para peserta Forum Silaturahim Gawagis Nusantara di Surabaya, Jawa timur, Sabtu (23/2/2019).

Dia menganjurkan agar khotbah memiliki nilai 60 persen agama dan 40 persen pengetahuan umum. JK mencontohkan para ustaz bisa menyampaikan ceramah dengan tema seperti pertanian, pendidikan.

"Saya anjurkan khotbah itu 60 persen agama, 40 persen pengetahuan umum kesehatan, pendidikan dan sebagainya daripada keimanan kita," kata JK.

Sebab itu, dia meminta agar para kiai muda untuk meneruskan kepemimpinan serta kekiaian.

"Di pesantren masing-masing tentu harus memiliki kemampuan seperti itu. Nah jadilah kita semua bersyukur bisa suatu hal," kata JK. (**H)


Sumber: Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar