Siswa SDN 181 Diajarkan STBN Sejak Dini

  • Jumat, 22 Februari 2019 - 16:50:06 WIB | Di Baca : 2485 Kali

 

SeRiau - Siswa SDN 181 Pekanbaru di kenalkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBN) sejak dini. Program dalam bentuk penyuluhan ini di berikan langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bersama Puskesmas Tampan.

Kepala SDN 181 Pekanbaru Raja Seatinis.MPd mengatakan kegiatan penyuluhan STBN ini diikuti hanya siswa kelas V. Kegiatan yang berlangsung 3 jam ini menghadirkan nara sumber dari Diskes Pekanbaru. Sasaran dalam penyuluhan STBN, kata Raja Setrianis yakni siswa diajarkan pentingnya adanya WC baik di sekolah dan dirumah. Siswa diajarkan jangan buang air besar dan air kecil sembarangan. 

Sasaran kedua, bagaimana menjaga kebersihan tangan. Siswa di kenalkan budaya mencuci tangan kapan saja. Jika tangan bersih, maka akan terhindar dari segala penyakit. Selanjutnya, pentingnya memilih makanan yang bersih dan sehat. Pengetahuan tentang air minum yang sehat. Penyuluh menganjurkan air galon sebelum diminun harus dimasak dùlu. Dan terakhir masalah sampah. Siswa diharapkan jangan membuang sampah sembarangan. Kalau menemukan bungkus makanan ya harus dimasukan kedalam tong sampah.

" Jadi sasaran iniah yang diajarkan bagaimana siswa mengetahui sanitasi kebersihan baik lingkungan dan diri sendiri. STBM ini intinya, bagaimana siswa menjaga kebersihan dirinya dan membudaya hidup sehat," kata Raja Seatinis, Kamis (21/2) di Pekanbaru

Penyuluhan tentang STBM, kata Raja, sangat baik agar siswa tetap selalu menjaga kêsehatan diri dan lingkungan. Apa yang menjadi sasaran STBM sudah dilakukan oleh sekolah hanya saja penyuluhan STBM ini langsung diberikan oleh ahlinya yakni dari Diskes dan Puskesmas," Apa yang menjadi sasaran STBM sudah kita lakukan di sekolah," kata Raja.

Selain penyuluhan STBM, kata Raja, juga diadakan pemainan game kepada siswa. Permainan ular tangga pakai dadu ini sangat diminati siawa. Dimana setiap dadu ada pertanyaan yang diberikan kepada siswa. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar