Korsel dan Korut Bidik Jadi Tuan Rumah Bersama Olimpiade 2032

  • Selasa, 12 Februari 2019 - 21:19:48 WIB | Di Baca : 59 Kali

SeRiau - Hubungan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korea Utara) makin menunjukkan kemesraan. Manuver terbaru kedua negara adalah meluncurkan rencana untuk menjadi tuan rumah bersama Olimpiade 2032. 

Seperti dilansir Guardian, Selasa (12/2/2019), perwakilan dari kedua negara berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah pertama saat pertemuan International Olympic Committee (IOC) di Lausanne, Swiss, Jumat (15/2/2019).

Komite Olimpiade Korea Selatan memilih Seoul sebagai calon venue, Senin (18/2/2019). Seoul menyisihkan Busan yang sebelumnya juga dipertimbangkan sebagai venue Olimpiade yang akan diajukan Korsel. 

Loading...

Keputusan menyertakan Korut menunjukkan kehangatan diplomasi antara kedua negara bertetangga tersebut. Setahun sebelumnya, Korea Utara mengirimkan atlet, suporter, dan ofisial ke Olimpiade musim dingin di Pyeongchang, Korsel. 

Presiden Korsel, Moon Jae-in, juga pernah mengutarakan ide kedua negara akan membidik jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Kedua negara juga akan mengirimkan tim gabungan ke Olimpiade Tokyo 2020. 

Korea Utara belum mengumumkan kota yang akan mendampingi Seoul dalam bidding untuk Olimpiade 2032. Namun, Pyongyang kemungkinan menjadi satu-satunya pilihan jika mempertimbangkan kelengkapan infrastruktur dan sarana penunjang lainnya. (**H)


Sumber: Bola.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar