Ribuan Mahasiswa Kedokteran  Kumpul di Pekanbaru." Wujudkan SDGs, CIMSA Keluarkan 8 Pernyataan Kebijakan "

  • Ahad, 03 Februari 2019 - 07:25:20 WIB | Di Baca : 1247 Kali

 

SeRiau - Ribuan mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam Center For Indonesian Medical Students Activities (CIMSA) berkumpul di Pekanbaru. Mahasiswa dari 25 universitas se Indonesia mengikuti kegiatan National Leadership Summit 2019, Sabtu (2/2) di Hotel Labersa. Agenda tahunan CIMSA ini menghasilkan 8 kebijakan dalam mewujudkan Suistainable Development Goals (SDGs).

President CIMSA Nurul Gina Fadillah mengatakan kehadiran CIMSA bisa memacu dan memaksimalkan mahasiswa kedokteran dalam melakukan aktivitas kesehatan masyarakat Indonesia. Melalui kegiatan National Leadership Summit 2019 ini sejumlah kegiatan dilaksanakan terutama menyangkut peningkatan capacity building dari anggota CIMSA. 

Loading...

Selain itu, juga ada 8 kebijakan yang ditetapkan seperti pendidikan interprofesi, bioetika, HIV AIDS, penyakit menular dan tidak menular, kesehatan maternal, perubahan iklim penanggulangan bencana, pelanggaran HAM, dan Diskriminasi gender. 

Pernyataan kebijakan ini tidak hanya sebagai naskah, tetapi bisa menjadi acuan dan tujuan bagi CIMSA untuk melakukan aktivitas dalam mewujudkan Indenesia yang lebih sehat. CIMSA turut mengajak dan mendorong seluruh pemerintah, mahasiswa kedokteran, private sector dan organisasi organisasi lainya untuk berkaloborasi untuk mewujudkan SDGs di Indenesia." CIMSA berharap dengan pernyataan kebijakan ini dapat memberi inspirasi dan gambaran dalam aksi nyata yang dapat dilakukan dalam perwujudan Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Nurul, Sabtu (2/2)

Kegiatan konference pers tersebut juga dihadiri Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UR - dr Arfianti selaku tuan rumah, President CIMSA - Nurul Gina Fadillah, Vice President of Event Affairs CIMSA Jannatiah.
 
Sementara Vice President of Event Affairs CIMSA, Jannatiah mengatakan setiap tahunnya ada sekitar 1.000 lebih aktivitas CIMSA dalam mendukung program SDGs. Saat ini, ada sekitar 8.000 mahasiswa Fakultas Kedokteran yang bergabung bersama CIMSA, berasal dari 25 universitas negeri/swasta se Indonesia. 

“ Ada sekitar 8.000 mahasiswa Fakultas Kedokteran yang bergabung bersama CIMSA. Kami sebagai organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia, mengajak pihak pembuat kebijakan untuk turut mendukung dalam program yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals,” katanya (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar