Disdik Pekanbaru Merger 20 Sekolah Negeri, Ini Harapan Legislatif

  • Senin, 28 Januari 2019 - 19:18:47 WIB | Di Baca : 1351 Kali

SeRiau - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru berencana melakukan penggabungan (merger) terhadap 20 sekolah negeri di Pekanbaru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal ini bertujuan, agar tidak ada lagi sekolah yang kekurangan murid akibat lokasi sekolah yang berdekatan. Karena memang setiap tahunnya, hal ini menjadi keluhan sejumlah sekolah.

Kondisi ini menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan Pekanbaru, dan solusi yang ditawarkan adalah merger atau penggabungan 2-3 sekolah menjadi 1 sekolah.

Melalui hearing bersama Komisi III DPRD Pekanbaru beberapa waktu lalu, Kadisdik Pekanbaru - Abdul Jamal menyampaikan wacana marger sekolah tersebut. 

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulfan Hafiz mengungkapan, saat ini ada sebanyak 194 sekolah negeri mulai dari tingkat TK, SD dan SMP di Pekanbaru.

"Pada tahun ajaran baru sekolah nanti, Disdik Pekanbaru berencana akan melakukan marger terhadap 20 sekolah negeri. Ini berarti, dari 194 sekolah negeri yang ada maka akan berkurang menjadi 174 sekolah. Semoga langkah ini, bisa mengatasi persoalan kekurangan jumlah murid serta jumlah guru yang selama ini selalu dirasakan beberapa sekolah. Para guru tidak perlu panik dengan adanya langkah marger ini, karena mereka tetap akan mengajar di sekolah yang sama namun nama yang berbeda," ujar Zulfan, Senin (28/01).

Zulfan menambahkan, langkah marger sekolah ini sebelumnya sudah dikonsultasikan bersama pihak Kementerian Pendidikan RI.

"Dengan dilakukannya marger terhadap sejumlah sekolah, maka secara otomatis bisa mengurangi biaya operasional sekolah alias penghematan," pungkasnya. (**H)


Sumber: Pekanbaru.Go.Id





Berita Terkait

Tulis Komentar