Harga Tiket Pesawat Naik, Menhub Usulkan Subsidi Silang

  • Rabu, 23 Januari 2019 - 05:39:59 WIB | Di Baca : 347 Kali

SeRiau - Naiknya harga tiket pesawat mendapatkan perhatian serius dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Pemerintah, kata Budi Karya telah menyiapkan sejumlah solusi atas naiknya harga tiket pesawat.

Tawaran solusi tersebut di antaranya memberikan tiket murah pada jam-jam tertentu atau subsidi silang. Selain itu, Kemenhub pun meminta agar penumpang cermat dalam membawa barang bawaan.

"Ada dua inovasi yang sedang dilakukan. Agar terjadi secara tidak langsung cross subsidy. Memberikan tarif-tarif murah pada jam-jam tertentu. Memberikan tarif komersial bagi waktu-waktu tertentu," ujar Budi Karya di Grha Sabha UGM, Selasa (22/1).

Loading...

Budi Karya pun meminta kepada pengguna jasa pesawat untuk cermat dalam membawa barang. Dengan cermat mengelola barang bawaan diharapkan tidak perlu bagasi yang besar sehingga biaya tarif bagasi bisa ditekan.

"Kedua inovasi tentang barang. Kalau kita mau pergi ke mana-mana ya persiapkanlah diri kita dengan cermat. Kalau bisa bawa barang seperlunya. Sehingga enggak perlu bagasi yang besar, sehingga bisa dengan LCC (low cost carrier) yang murah," urai Budi Karya.

Terkait cross subsidy, Budi Karya menyebut kebijakan tersebut bisa dilakukan di beberapa tempat. Budi Karya menyebut ada beberapa tempat yang musti dibicarakan lebih lanjut jika ingin menerapkan cross subsidy.

"Seperti Yogya, itu kalau siang tarifnya (keJakarta) seperti dulu Rp 700 ribu. Tapi kalau pagi ya komersial, sehingga cross subsidy. Kalau yang di Yogya sudah (menerapkan skema cross subsidy). Kalau Papua nanti saya bahas," pungkas Budi Karya. (**H)


Sumber: Merdeka.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar