Atasi Penurunan Muka Tanah, Pemerintah Jepang Bantu Pemprov DKI

  • Rabu, 16 Januari 2019 - 20:33:05 WIB | Di Baca : 1086 Kali

SeRiau - Pemerintah Jepang membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menyelesaikan masalah penurunan muka tanah di Ibu Kota. Bantuan diberikan berupa alat untuk mengukur penggunaan air tanah di gedung-gedung pada 2019.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, ancaman ini merupakan masalah serius dan harus dikerjakan oleh seluruh pihak.

Gubernur Anies Baswedan saat meninjau penurunan permukaan tanah di Jakarta Utara

Menurut dia, Jepang memiliki pengalaman dalam masalah tersebut, sehingga ia meyakini persoalan itu dapat selesai dalam waktu dekat.

"Penanganan ini harus belajar dari beberapa kota-kota lain di dunia yang pernah mengalami penurunan permukaan tanah seperti ini. Jepang itu mengalami penurunan permukaan tanah yang luar biasa, khususnya di Tokyo," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, bantuan dari pemerintah Jepang yang difasilitasi oleh Japan International Cooperation Agency (JICA), akan bisa merumuskan langkah-langkah yang tepat dalam jangka panjang.

"Ini adalah pekerjaan lintas badan dan kehadiran JICA yang terlibat langsung dalam proyek ini, bukan saja datang dengan bantuan teknologi dan sumber daya, tapi juga memiliki pengalaman praktis di dalam menyelesaikan masalah penurunan permukaan tanah di Tokyo," ujarnya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar