Jokowi Panggil Mensos Agus Gumiwang ke Istana Bahas Persiapan Debat Capres

  • Selasa, 15 Januari 2019 - 19:18:21 WIB | Di Baca : 1126 Kali

SeRiau - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/1). Agus mengatakan, salah satu hal yang dibahas dengan Jokowi terkait persiapan debat Capres di Pilpres 2019.

"Salah satunya soal itu (persiapan debat Pilpres). Beliau sudah tahu semua, beliau lebih pinter dari saya kok. Saya baru jadi menteri 6 bulan. Jadi beliau pasti lebih dari saya," kata Agus usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/1).

Agus mengakui dalam pertemuan itu ada isu khusus yang dibahasnya bersama Jokowi, namun dia enggan mengungkapkannya. Dia lalu mengatakan, program bantuan sosial yang dilakukan pemerintah saat ini memiliki kontribusi yang substansial untuk menekan angkakemiskinan di Indonesia.

Lalu, apakah Jokowi akan memamerkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dalam debat Pilpres?

"Bukan dipamerkan. Tapi kenyataannya memang seperti itu. Gak perlu kita pamer-pamerkan, sombong-sombongkan," ucapnya.

Pemerintah Jokowi-JK menaikkan alokasi dana Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi Rp 38 triliun pada 2019. Alokasi ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan alokasi anggaran dalam APBN 2018 sebesar Rp 19 triliun.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan persiapan debat perdana. Dari mulai menetapkan moderator, panelis, dan tema debat capres cawapres.

Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019. KPU juga telah merampungkan enam nama untuk menjadi panelis pada debat perdana Pilpres 2019.

Keenam panelis itu adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik. Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Sementara untuk tema, debat caprespertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme, debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar