Keren, Ratusan Siswa dan Guru SMAN 16 Pekanbaru Ikuti Pemetaan dan Peningkatan Literasi

  • Kamis, 10 Januari 2019 - 21:34:01 WIB | Di Baca : 3105 Kali

 

SeRiau - Ratusan siswa dan guru SMA 16 Limbungan, Rumbai Pekanbaru mengikuti kegiatan pemetaan dan peningkatan literasi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Riau Literacy Community (RLC) berlangsung selama dua hari sampai Jumat (11/01) besok.

Ketua RLC Dr. Fatmawati, M.Si, Kamis (10/01) mengatakan kegiatan Pemetaan dan Peningkatan Literasi Bagi Siswa dan Guru ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kemampuan literasi masyarakat yang dianggapnya masih rendah.

"Kita sengaja menyasar ke sekolah sekolah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang literasi. Kita ingin generasi generasi muda kita memiliki kemampuan literasi yang tinggi dan dengan demikian mereka akan mampu mengembangkan potensi diri nya dan menjadi generasi yg berkualitas," kata Dr. Fatmawati, M.Si yang juga merukan dosen di Fakuktas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau ini.

Menurut Fatmawati, gerakan literasi yang dilaksanakan RLC adalah tidak hanya sebagai upaya meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis, tapi juga upaya mengasah kemampuan berbicara dan memecahkan masalah." Dengan kegiatan literasi ini, khususnya bagi siswa kita ingin mereka cerdas dan kritis dalam menyikapi masalah dan akhirnya membentuk insan berkualitas dan memiliki budi pekerti mulia", ujar nya.
Adapun yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah Dr. Fatmawati, M.Si, Al Sukri, Yudidaherman dari UIR, Asrinda Amalia, Aidil Haris dari UMRI, dan Chelsy Yelchika dan Happi Susanti dari Universitas Riau.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 16 Limbungan, Rumbai Pekanbaru, Nurizal AR, S.Pd . mengapresiasi RLC yang telah memilih sekolah nya sebagai bagian dari kegiatan RLC. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting tidak hanya bagi siswa tapi juga guru.

Dia mengharapkan, kerjasama antarq RLC dengan SMAN 16 terus terjalin. "Kami sangat senang sekolah kami yang pertana dikunjungi untuk kegiatan literasi ini,", katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia berpesan kepada seluruh siswa dan guru untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama. Dia juga mengharapkan melalui kegiatan ini siswa akan menjadi manusia manusia yang tangguh menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki skill. 

RLC sendiri merupakan sebuah komunitas yang beranggotakan dosen dosen dari berbagai universitas di Riau, seperti dari Universitas Islam Riau (UIR) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Universitad Riau (UNRI) dan Dari Universitas Islam Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau, tidak hanya itu sejumlah praktisi media juga ikut bergabung dalam komunitas yang baru berdiri tahun 2018 lalu. RLC berdiri ditengah kencang nya gempuran teknologi komunikasi sementara disisi lain kemampuan literasi masyarakat masih rendah. (rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar