KPU Akan Tanggapi Keputusan Bawaslu soal OSO Tiga Hari lagi

  • Rabu, 09 Januari 2019 - 20:41:26 WIB | Di Baca : 1074 Kali

SeRiau - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menegaskan selama ini pihaknya tidak pernah memiliki niat untuk menghambat upaya pencalonan legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). Kata dia, selama ini KPU hanya menjalani pekerjaanya sesuai dengan perintah perundang-undangan yang ada.

"Saya ingin menyampaikan bahwa KPU tidak menghambat. Sebetulnya Semua produk hukum, semua putusan hukum, kami jalankan," kata Arief dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1).

Diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah membuat putusan terkait nasib pencalonan OSO sebagai caleg DPD. Hasilnya, pria yang masih menjabat sebagai Ketua DPD ini diperboleh masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) caleg DPD. Namun OSO diwajibkan mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Hanura jika terpilih sebagai caleg.

Terkait hal itu, Arief mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat pleno untuk membahas putusan dari Bawaslu itu. Tentunya setelah menerima salinan putusan resmi dari Bawaslu.

"Ya nanti, saya, tadi kan Pak Hashim yang hadir. Nanti saya akan minta dulu reportnya bagaimana, salinan putusannya kami terima dulu seperti ini, baru kemudian kami rapatkan, terus ambil keputusan," ungkapnya.

Tambahnya, KPU memiliki batas waktu untuk memberi putusan terkait masalah OSO. Batas waktu untuk menindaklanjuti putusan Bawaslu selama tiga hari.

"Kalau saya mendengar laporan sementaranya kan tiga hari. Dalam tiga hari nanti kita akan putuskan," ucapnya.


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar