BMKG: Pola Tsunami Banten Mirip dengan Palu

  • Ahad, 23 Desember 2018 - 08:44:05 WIB | Di Baca : 1233 Kali

SeRiau - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memastikan bahwa tipe dan pola gelombang tsunami yang melanda pantai Selat Sunda mirip dengan tsunami yang menyapu wilayah Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

"Polanya mirip gelombang tsunami yang terjadi di Palu, sehingga kami koordinasi dengan badan geologi," ucap Dwikorita di Kantor BMKG, Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Oleh karenanya, pihaknya memastikan bahwa gelombang yang menerjang daratan sekira pukul 21.27 WIB itu benar diakibatkan oleh tsunami yang awal mulanya diragukan lantaran bukan dampak dari gempa tektonik.

"Namun dari alat, jelas kami melihat pukul 21.58 WIB, saya dapat laporan teman-teman di BMKG. Saya sudah dikirim gambar alat dan itu dipastikan gelombang tsunami," tegasnya.

Badan Geologi, lanjutnya, juga memastikan pada pukul 21.03 WIB terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau. Berangkat dari situlah BMKG kemudian mengindikasikan bahwa tsunami di sekitar Selat Sunda akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar