Libur Nataru, Menkes Minta Puskesmas dan Rumah Sakit Buka 24 Jam

  • Rabu, 19 Desember 2018 - 23:09:49 WIB | Di Baca : 1586 Kali

SeRiau - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek meminta pemerintah daerah membuka puskesmas dan rumah sakit selama 24 jam pada saat libur perayaan Natal dan Tahun Baru. Hal itu, sebagai upaya Kementerian Kesehatan mendukung kelancaran libur akhir tahun.

"Kami meminta kepada gubernur, untuk puskesmas membuka 24 jam, termasuk RS (rumah sakit)," kata Nila, setelah mengikuti video conference di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 19 Desember 2018.

Nila menjelaskan, Kemenkes juga memiliki layanan panggilan darurat yang bisa dihubungi dengan nomor 119. Layanan tersebut,, bergerak lebih cepat karena dapat menjemput orang sakit dengan ambulans yang menggunakan sepeda motor.

"Kami punya yang namanya 119, jadi ini bergerak lebih cepat dalam keadaan darurat dengan memakai ambulans roda dua," kata Nila.

Selain itu, Kemenkes menyediakan tempat istirahat yang dilengkapi tenaga medis serta fasilitas kesehatan di lokasi-lokasi yang menjadi jalur mudik.

Sebelumnya, Menkes Nila Moeloek hingga Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi ikut dalam video conference (vicon) bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Video conference itu terkait mudik Natal 2018 dan tahun baru 2019.

Vicon yang terkoneksi dengan jajaran Polri dan kementerian di provinsi se-Indonesia ini dipimpin Kapolri. Sesmenko Polhukam, Letjen TNI Agus Surya Bakti, juga hadir mewakili Menko Polhukam Wiranto. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar