Presiden: Tugas Babinsa, Jangan Sampai Ada Konflik Sekecil Apapun

  • Ahad, 16 Desember 2018 - 16:14:14 WIB | Di Baca : 1149 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo berpesan kepada para Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI untuk tidak membiarkan konflik horizontal sekecil apapun di wilayah masing-masing.

"Tugas Babinsa di sini adalah, jangan sampai ada konflik sekecil apapun di desa kita," ujar Presiden ketika memberi pengarahan kepada 3.300-an Babinsa di Balai Room Universitas Jambi, Minggu (16/12/2018).

"Segera padamkan kalau ada konflik, api kecil. Jangan biarkan itu membesar," lanjut dia.

Babinsa yang hadir dalam pengarahan itu bertugas di wilayah Kodam Iskandar Muda, Kodam I Bukit Barisan dan Kodam II Sriwijaya.

Jokowi berpesan demikian karena masyarakat Indonesia terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda.

Indonesia, kata Presiden, berpendukuk 163 juta yang hidup di 17 pulau dan terdiri dari 34 provinsi dan 514 kota kabupaten. Jumlah suku di Indonesia sebanyak 714 dan memiliki bahasa daerah lebih dari 1.100.

Ia mencontohkan Afghanistan yang hanya terdiri dari 7 suku, namun terjadi konflik. Hingga saat ini, konflik horizontal itu sudah terjadi 40 tahun lamanya.

"Oleh sebab itu hati-hati. Perbedaan-perbedaan seperti ini harus terus kita sadarkan kepada masyarakat kita," ujar Jokowi.

"Ini negara besar dan aset terbesar bangsa kita adalah persatuan, kerukunan, dan persaudaraan antarsuku, antaragama, antardaerah. Ajak masyarakat untuk terus membangun persatuan itu dari agama apapun, dari suku apapun," lanjut dia. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar